Yuk Ketahui Cara Memilih Tinta Printing Kain dan Keuntungan Bisnisnya

Printing pada kain banyak diminati beberapa tahun belakangan ini karena motif pada print kain yang belum banyak digunakan. Tidak hanya jarang digunakan, namun print pada kain juga biasanya menerima custom (sesuai pesanan customer).

Karena motif yang jarang digunakan ini, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan jasa print kain daripada yang lainnya. Printing pada kain sendiri dilakukan dengan mencetak gambar ke dalam media kain dengan pencetakan yang dilakukan secara digital.

Kain yang dapat digunakan diantara lain kain satin, katun, polyester, kanvas, dry fit dan lainnya. Tinta yang dapat digunakan dalam printing kain ada banyak sekali, mulai dari sublimasi, disperse, reactive dan pigment.

Memilih Tinta yang Tepat

Tinta cetak kain yang pertama ialah sublimasi, menggunakan tinta sublimasi transfer paper dan heat press. Dengan menggunakan tinta ini maka kain hasil cetak akan memiliki daya tahan cuci yang cukup baik. Jenis tinta ini biasanya banyak digunakan pada pebisnis garmen dikarenakan kain dapat ditransfer melalui transfer paper pada kain polyester.

Melakukan Proses Transfer atau Cetak Langsung

Proses transfer dilakukan dengan bantuan heat press atau dapat dicetak secara langsung pada kain. Terakhir kain dipanaskan menggunakan heat press roll, maka hasil tinta teknik sublimasi akan sangat tajam dan bagus.

Tinta yang kedua idalah disperse, berbeda dengan sublimasi tinta ini pengaplikasiannya tanpa menggunakan transfer paper. Karena itu biaya produksinya lebih murah dibanding sublimasi. Namun terdapat kain tertentu yang biasa digunakan oleh tinta ini yaitu kain rayon acetate, polyester, acrylic, lycra dan lainnya.

Penggunaan tinta ini diaplikasikan secara langsung pada kain lalu dipanaskan. Persamaannya dengan tinta sublimasi dikarenakan penggunaan pada media polyester tetapi hasilnya tetap lebih tajam sublimasi.

Reactive merupakan jenis tinta yang ketiga, dengan pengaplikasiannya pada kain serat alami seperti, rayon, linen dan katun. Tinta reactive biasa digunakan pada printer DTG, agar tinta dapat menempel pada kain maka memerlukanĀ pre treatment. Hal ini dikarenakan reaksi kimia dari kain yang berbeda-beda untuk menghasilkan warna cerah pada hasil kain. Dan yang terakhir adalah tinta pigment. Terkenal karena meiliki hasil yang awet dan tidak mudah luntur, tinta ini juga aman apabila terkena sinar matahari. Namun, tinta ini memiliki warna yang lebih kusam karena tinta hanya menempel pada permukaan kainnya. Biasanya tinta pigment banyak digunakan pada kain katun

Keuntungan Print Kain dan Tempat Print Kain

Nah, itu dia bebrapa macam tinta yang dapat digunkaan untuk print kain. Telah banyak orang yang memulai bisnis dengan menggunakan motif kain sendiri. Dikarenakan dapat memilih motif yang jarang digunakan, terlebih lagi dapat custom motif banyak yang mencari jasa print pada kain.

Terdapat beberapa keuntungan dari print pada kain ini, selain motif tidak banyak yang menggunakan. Print pada kain juga lebih tahan lama daripada sablon, pengerjaannya pun memiliki rentan waktu lebih pendek.

Apabila Anda berada di Bekasi, berikut terdapat salah satu perusahaan jasa yang dapat Anda gunakan yaitu Jasa Print Bekasi. Pada jasa print ini terdapat banyak penawaran yang menarik, tidak hanya satu jenis kain. Namun, berbagai jenis lain dapat di print dengan menggunkaan berbagai jenis tinta sesuai permintaan customer.

Untuk motif, jasa ini menyediakan berbagai contoh motif sesuai keperluan customer. Anda hanya perlu menyebutkan apa kegunaan kain tersebut atau mau motif dasar apa, lalu akan ditunjukkan yang sesuai. Anda juga dapat menggunakan motif sendiri apabila telah memiliki design motif sendiri. Cukup mudah bukan?