Tren Desain UX Teratas Yang Harus Diperhatikan Pada 2019

Ini terjadi dalam dunia Web Development, khususnya. Industri desain UX terus berkembang. Dalam rentang dua tahun terakhir, kami telah melihat berbagai kemajuan, misalnya, UI suara, realitas campuran, dan gadget rumah pintar.

Namun munculnya kemajuan baru, bahkan tuntutan pelanggan telah melebar dan mereka mengharapkan pengalaman yang lebih baik setiap hari. 2018 adalah tahun yang penuh dengan fitur menarik disertai dengan desain UX, ada pola-pola yang mungkin akan terjadi di tahun ini. Saat memasuki 2019, rencana yang berfokus pada klien akan menjadi kebutuhan terbaik untuk organisasi.

Tren terbaru dalam desain UX

Teknologi terus berkembang. Yang sebagian besar mengejutkan kita dengan penemuan baru. Bersamaan dengan itu, menjadi penting bagi desainer UX, untuk tetap update dan menyadari tren yang dipraktikkan di industri UX. Tidak diragukan lagi, teknologi berbasis suara, dan Internet Of Things akan terus mendominasi industri, tetapi ada banyak tren baru yang diharapkan pada tahun ini. Berikut adalah gambaran tren yang akan mengejutkan kita di waktu mendatang.

UI yang diaktifkan suara

UI Suara menyediakan cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk mengontrol perangkat dengan memungkinkan orang menggunakan input suara. Karena metode ini akan menghemat banyak waktu pengguna, orang-orang beralih ke tren ini dengan sangat cepat. Bahkan, sesuai prediksi terbaru, pada tahun 2020, 50 persen dari semua pencarian akan menjadi pencarian suara. Waktunya tidak terlalu jauh ketika orang akan mulai membuat semua pencari mereka menggunakan UI yang diaktifkan suara.

Fenomena ini, mestinya menjadi fokus baru. Khususnya bagi perusahaan Web Developer dalam merancang dan membuat website. 

Lebih banyak faktor privasi

Dengan implementasi undang-undang GDPR baru-baru ini di Eropa, industri membuat mengambil keamanan data pengguna lebih serius. Namun, undang-undang tersebut belum berlaku di anak benua India sampai saat ini, tetapi tetap saja, kami dapat melindungi data pelanggan dan tetap berada di sisi yang lebih aman. Kita dapat dengan mudah menjadi patuh pada GDPR tanpa banyak upaya atau membuat perubahan seperti itu dalam arsitektur yang ada.

Otentikasi lebih sederhana

Pengguna umumnya menghadapi masalah terkait kata sandi saat mereka sedang mengatur kata sandi baru. Pengguna ingin mengatur kata sandi yang mudah diingat tetapi sulit untuk dipecahkan. Bukan? Dan masalah sebenarnya muncul ketika pengguna lupa kata sandi, meminta kata sandi baru, menerima tautan di kotak masuknya, dan kemudian mengatur ulang kata sandi baru. Untuk mengatasi masalah ini, kami akan segera mengalami metode kata sandi baru dengan langkah-langkah yang kurang masuk seperti otentikasi biometrik, tautan ajaib, atau bahkan kata sandi sementara.

Desain inklusif

Seiring meluasnya teknologi, ini akan memudahkan pengguna dengan disabilitas tertentu seperti kondisi haptic, buta warna atau kondisi serupa lainnya untuk menuai manfaat dari berbagai produk dan layanan dengan mudah. Desain baru dan lebih cerdas akan menawarkan pengalaman yang lebih unik dan ramah pengguna untuk menggunakan produk di berbagai lingkungan.

Pengalaman multi-perangkat

Meningkatnya jumlah penggunaan perangkat pintar sangat sulit dipercaya dan ini telah mengubah cara orang mengakses data. Pendekatan konsep ‘mobile-friendly’ yang lebih lama sekarang akan digantikan oleh pengalaman ‘multi-perangkat’ di mana pengalaman pengguna yang lebih lancar dari perangkat baru akan menjadi prioritas utama.

Dapat dipakai

Tahun lalu mengejutkan kami dengan jam tangan pintar, perangkat pelacakan kesehatan, perangkat pembayaran otomatis, dan banyak lagi, tetapi 2019 memiliki daftar fitur baru sendiri. Produk yang dapat dikenakan tidak akan terbatas pada hal ini, tetapi tahun ini kami akan mengalami produk yang dapat dikenakan di industri kesehatan juga untuk mengelola berbagai tugas.

Dari desain flat hingga desain material

Fokus utama dari desain flat, berkisar pada fungsi, bersih, tepi tajam, dan warna-warna cerah, melalui ilustrasi 2D. Tetapi desain material memiliki rencana lebih dari ini. Ini akan mencakup layout berbasis grid, transisi, padding, dan animasi responsif yang lebih baik. Apalagi itu akan membawa desain menjadi teknologi 3D.

Semua tren ini bukan hanya kata kunci yang telah kita dengar pertama kali, tetapi tahun ini kita akan melihatnya dalam kehidupan nyata dan implementasi. Jadi, saatnya bersiap-siap untuk mengalami tren ini secara real time.

Sumber; Web Design & Development, internet, business – BLOG