Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

Hai teman-teman, sekarang di artikel ini saya akan membagikan contoh teks eksplanasi , yaitu teks eksplanasi tentang tsunami. Nah, materi ini sampai di kelas 2 SMA. Saya juga membahas materi tentang penjelasan teks eksplanasi di artikel saya sebelumnya. Jadi, bagi Anda yang belum membacanya, Anda dapat mampir ke pos saya terlebih dahulu.

Berbicara tentang suatu fenomena terkait erat dengan dunia ini. Ada berbagai jenis fenomena alam, mulai dari letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami dan banyak lainnya. Sekarang, yang akan kita bahas kali ini adalah teks penjelasan tentang tsunami. Belum tahu fenomena seperti apa yang terjadi tsunami. Maka dengan artikel ini, saya harap ini akan bermanfaat bagi Anda semua.

Teks Eksplanasi Tentang Tsunami

Teks Eksplanasi Tsunami adalah proses yang sangat menarik bagi kita untuk melihat tampilannya. Jadi kita akan segera melihat proses tsunami …

Tsunami yang berasal dari Jepang, yang berarti tsu yang berarti gelombang pelabuhan dan nami, adalah salah satu bencana alam yang akrab dengan negara Indonesia. Berdasarkan makna kata tersebut, tsunami dapat diartikan sebagai perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahan permukaan laut vertikal yang tiba-tiba. Tsunami ini rentan di semua negara yang berbatasan dengan laut dan memiliki potensi gempa tinggi.
Tsunami terjadi ketika gerakan vertikal di kerak bumi akibat letusan gunung berapi, gempa bumi, tanah longsor atau meteor jatuh di bumi menyebabkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, sehingga mengganggu keseimbangan air di atasnya. Ini menyebabkan aliran energi dari air laut, yang ketika mencapai pantai menjadi gelombang besar sehingga terjadi tsunami.
Gelombang yang terjadi dapat melakukan perjalanan ke segala arah. Daya yang terkandung dalam gelombang tsunami adalah tetap pada fungsi ketinggian dan kecepatannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat bergerak dengan kecepatan antara 500 dan 1000 km per jam, kecepatan yang setara dengan kecepatan pesawat terbang. Ketinggian ombak di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Karena itu, kecepatan gelombang tidak dirasakan oleh kapal-kapal yang berada di tengah laut. Saat mendekati pantai, kecepatan gelombang tsunami berkurang hingga sekitar 30 km per jam, tetapi ketinggiannya meningkat hingga mencapai puluhan meter karena akumulasi massa air. Ketika mencapai pantai, tsunami merayap ke daratan jauh dari pantai dengan radius hingga beberapa ratus meter atau bahkan beberapa kilometer.
Tsunami telah menyebabkan sejumlah besar korban. Kehilangan nyawa ini disebabkan oleh dampak air dan material yang dibawa oleh gelombang tsunami. Selain korban, tsunami juga berdampak negatif pada bangunan, vegetasi dan polusi tanah pertanian, tanah dan air bersih.

Nah itu dia artikel mengenai teks eksplanasi tentang tsunami. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Nah bagi yang ingin melihat contoh teks eksplanasi lainnya silahkan sudah disediakan pada artikel https://rumusrumus.com/