Syarat Sholat Tahajud Yang Terlupakan

Sholat tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari, tapi ternyata bukan sekedar dikerjakan malam hari saja, tapi ternyata ada syarat lainnya yang tidak diketahui, atau walaupun di ketahui tapi kebanyakan tidak menganggapnya sebagai syarat hanya sebagai anjuran saja, apakah syarat tersebut?

Tidur terlebih dahulu adalah syarat sholat sunah dimalam hari dinamakan dengan sholat tahajud, kalau tidak di iringi dengan tidur terlebih dahulu maka dinamakan sholat malam biasa atau di kenal dengan qiyammul lail. Inilah syarat yang terlupakan atau banyak yang menganggap hanya sekedar keutamaan saja. Nyatanya ini adalah syarat tahajud.

Penyebab Orang Menganggap Tidur Terlebih Dahulu Bukan Syarat Sholat Tahajud

syarat sholat tahajud

Ada beberapa sebab kenapa banyak orang melupakan syarat sholat tahajud dengan tidur terlebih dahulu, alasan pertama adalah karena mereka mencontoh sholat tarawih pada bulan ramadhan, yang mana banyak yang menyebutnya dengan sholat tahajud di bulan ramadhan yang notabene tidak di dahului dengan tidur terlebih dahulu.

Tentu alasan ini tidak tepat, karena di saat bulan ramadhan adalah bulan khusus, yang mana pelaksanaan sholat tarawih ini di lakukan setelah sholat isya secara langsung, dan shalat tarawih ini juga bukan sholat tahajud tapi dinamakan dengan shalat qiyammullail.

Alasan kedua adalah adanya hadist atau keterangan para ulama salaf tentang sahabat Abu Bakar Radhiallahuanhum yang melaksanakan sholat witir sebelum tidur, yang mana sholat witir adalah sholat yang mengiringi sholat tahajud, padahal Abu Bakar mengerjakan sholat witir sebelum tidur adalah untuk jaga-jaga kalau nanti malamnya tidak bangun untuk sholat tahajud, karena sholat witir merupakan amalan yang dilakukan Nabi Muhammad Saalallahu Alaihi Wassalam setiap malamnya tanpa tertinggal selama hidupnya.

Dan niat dari sahabat Abu Bakar ini adalah bangun di malam hari untuk melaksanakan sholat tahajud.

Bagaimana Hukumnya Jika Syarat Sholat Tahajud Tidak Terpenuhi

Jika syarat sholat tahajud tidak terpenuhi, yaitu syarat tidur terlebih dahulu tidak terpenuhi, maka hukumnya sah sebagai sholat malam, bukan sholat tahajud, lalu apa perbedaan sholat tahajud dengan sholat malam biasa atau qiyammullail?.

Pahala dan keberkahhan anatara sholat tahajud dan sholat qiyammullail tentu berbeda, lebih utama sholat tahajud,karena di lihat dariberbagai sisi.

Sholat tahajud yang di dahului dengan tidur terlebih dahulu merupakan sholat yang di lakukan oleh para nabi dan rasul, juga menjadi amalan para ulama salaf, karena mujahadah atau kerja keras mereka dalam mengamalkan amalan ini yang terbilang berat dan sulit untuk di lakukan oleh orang awam.

Jikalau sholat tahajud tidak di syaratkan tidur terlebih dahulu, tentu para nabi,para rasul dan para sahabat yang mulia akan mengerjakannya sebelum tidur.

Lalu anda akan bertanya dan membantah, lalu itu apa yang dilakukan oleh sahabat Abu Bakar, bukankah sahabat Abu Bakar melaksanakan sholat witir sebelum tidur, sebenarnya di atas sudah dikasih tahu jawabannya, itu karena kehati-hatian sahabat Abu Bakar akan setiap amalan yang di lakukan, beliau tidak mau ada amalan yang di lakukan tidak istiqomah, beliau jika melakukan amalan maka harus berkesinambungan.

Itulah sebabnya sahabat Abu Bakar melakukan sholat witir sebelum tidur untuk berjaga-jaga kalau nanti malamnya beliau bablas tidak bisa sholat tahajud.

Praktek Sholat Tahajud Yang Bisa Kita Contoh

Sebelum tidur bisa kita lakukan sholat witir 1, 3, 5 atau berapapun yang anda kehendaki asal bilangannya ganjil, bisa dengan dua rakaat lalu di tutup dengan satu rakaat yang ganil, atau bisa di lakukan langsung tiga rakaat atau lima rakaat sekali salam.

Niatkan sebelum tidur untuk bangun pada malam hari atau sepertiga malam untuk mengerjakan sholat tahajud, tapi kalau sebelum tidur anda sudah melakukan sholat witir,maka nanti malamnya tidak dilakukan lagi sholat witir, kerena sholat witir hanya bisa di lakukan 1 kali saja sepanjang malam.

Niatkan dan azamkan dalam hatikita bahwa kita akan melakukan sholat sunah tahajud setiap malam, dengan niat dan tekad yang kuat maka insya Allah akan mudah untuk bangun disepertiga malam yang terakhir untuk melakukan sholat tahajud.

Semoga kita semua dimudahkan oleh ALLAH Subhana Huwataala untuk senantiassa istiqomah melakukan sholat tahajud di sisa usia kita ini.

Baca juga artkel lainnya tentang belajar agama islam dari dasar.