Surat Izin Mengemudi Internasional Indonesia, 3 Menit Bikinnya !

Surat Izin Mengemudi Internasional Indonesia – Pembuatan lisensi mengemudi (SIM) internasional pada dasarnya tidak sesulit membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Nasional karena tidak memerlukan uji teori dan praktek. Tapi dari Februari 2020,  kepolisian Republik Indonesia (POLRI) akan menyederhanakan proses pembuatan SIM internasional melalui sistem online.

surat izin mengemudi internasional indonesia

Sistem Baru Pembuatan SIM Internasional

Sistem online baru ini menyederhanakan proses pendaftaran yang biasanya dilakukan ketika mengunjungi lokasi pendaftaran SIM internasional di kantor POLRI (Korlantas POLRI) di Pancoran, Jakarta Selatan. Anda sekarang dapat mendaftar secara online di situs khusus.

Setelah pendaftaran, pemohon harus mengisi data pribadi yang diminta, seperti nama lengkap sesuai dengan paspor, kelas mengemudi nasional (Golongan SIM Nasional yang Anda punya: Apakah Surat Izin Mengemudi A [SIM Mobil], Motor, truk dll.)  dan tanggal rencana kedatangan ke Korlantas POLRI.

Setelah data diverifikasi, pemohon dapat membayar. Besar biaya SIM internasional Rp250 ribu (untuk daftar/bikin baru) dan Rp225 ribu (untuk pembaharuan/ perpanjangan SIM), ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016.

Pembayaran Surat Izin Mengemudi Internasional Indonesia

Pembayaran SIM Internasional dapat dilakukan melalui transfer bank, Mobile Banking atau ATM. Setelah pembayaran, pemohon harus pergi ke stan SIM internasional di kantor Korlantas POLRI, dengan dokumen yang diperlukan, yaitu SIM nasional, kartu identitas, paspor, screenshot bukti pendaftaran online, bukti bukti KITAP (Kartu Tinggal Tetap ), khusus warga Asing (WNA).

Setelah dokumen diverifikasi, petugas akan mengidentifikasi pemohon melalui foto, sidik jari dan tanda tangan elektronik. Pemohon kemudian dibantu sampai buku SIM internasional selesai.

Produksi SIM internasional hanya dapat dilakukan di kantor Korlantas POLRI. Dokumen hukum bagi warga negara Indonesia untuk mengemudikan kendaraan ini berlaku selama tiga tahun dan dapat digunakan di 188 negara yang juga mengeluarkan surat izin mengemudi internasional.

Pembuatan Surat Izin Mengemudi Internasional Indonesia Cuma 3 Menit

Menurut Kepala Korlantas POLRI – Istiono, sistem POLRI online ini menyederhanakan proses produksi SIM internasional, karena beberapa tahapan dapat dilakukan di rumah. Dia mengatakan bahwa setelah mendaftar secara online, pemohon memenuhi data administrasi secara lengkap yang berlangsung cumua butuh’ tiga menit ‘

Kemudian tinggal pergi mendatangi Kantor Korlantas POLRI untuk menyelesaikan administrasi, sesi foto, dan SIM Internasional sudah siap dibuat. Tiga menit berakhir,  “ujar Kepala Korlantas POLRI – Istiono, di kantor Korlantas, Pancoran, Jakarta Selatan.