Skip to content

Stop Jangan TerBuru-Buru Ganti Freon Kalau AC Mobil Tidak Dingin

Written by

Frobeek lala

Service AC Salah satu kenyamanan yang di tawarkan didalam mengendarai sebuah mobil adalah terdapatnya proses pendingin atau air conditioner (AC). AC mobil yang bekerja bersama dengan baik pasti bakal memberi tambahan kesejukan didalam kabin. Hal ini pasti terlampau miliki nilai tatkala bakal berpergian di siang hari yang panas.

Lain ceritanya sekiranya proses AC tidak bekerja bersama dengan baik, salah-salah penumpang atau pengemudinya tidak merasakan hembusan angin dingin melainkan mencium bau yang tidak sedap. Biasanya terkecuali persoalan seperti ini datang, orang-orang langsung merekomendasikan untuk mengganti freon.

Padahal menurut Hendra, pemilik Djamin AC, bengkel spesialis AC mobil yang terdapat di wilayah Ciledug, Tangerang, AC mobil yang tidak dingin barangkali disebabkan lebih dari satu faktor.

“Kalau AC enggak dingin biasanya kita cek dulu, belum pasti kudu malah freon, sanggup sebetulnya malah freon, cuma kudu diteliti lagi, filter kabinnya ada enggak, terkecuali enggak ada, itu debu cepat masuk dan larinya ke evaporator blower atau barangkali termasuk filter silika di kondensornya yang lebih kotor,” ujarnya.

Masih dijelaskan Hendra, mobil-mobil keluaran teranyar sekalipun tidak seluruhnya dilengkapi filter kabin, terutama mobil yang dijual pada jenis paling standar. Sehingga untuk menyiasatinya, sanggup ditambahkan filter kabin yang sesuai bersama dengan area yang dihidangkan pabrikan — biasanya di letakkan di bagian belakang laci dashboard.

“Kotoran yang nempel di filter kabin atau blower itu banyak, sanggup berasal dari debu karpet, kotoran di sepatu atau enggak sandal. Solusinya sanggup dibersihin atau diganti.

Di bengkelnya, tarif penambahan atau penggantian filter kabin dibanderol sebesar Rp 100 ribu untuk mobil-mobil Low MPV atau city car yang biasanya punya bentuk yang serupa.

Lebih lanjut pada persoalan yang lebih berat dan pemilik mobil mengeluhkan AC-nya tidak dingin sama sekali maka kudu servis ‘turun dashboard’. Pemeriksaan keseluruhan ini, termasuk penggantian filter silika pada kondensor, serta penambahan oli pada kompresor memakan kala kira-kira 2 jam dan memakan biaya Rp 400 ribu (belum termasuk malah freon).

Sedangkan untuk malah freon, Djamin AC mamatok harga Rp 150 ribu untuk satu blower, dan Rp 250 ribu untuk mobil yang punya dua blower termasuk penambahan oli kompresor.

Hendra termasuk menyrankan supaya pemilik mobil secara berkala mengecek kebersihan filter kabin supaya hembusan angin selalu terjaga termasuk untuk menjaga kerja kompresor supaya tidak berat.

“Buat perawatan, tak sekedar dibersihkan delapan bulan sekali, ganti filter kabin bersama dengan yang baru, jadi enggak kudu ‘turun dashboard’, itu sudah pasti aman, deh. Saya jamin umur pemakaiannya panjang. Kalau enggak perawatan, itu mobil rewel pasti dua atau tiga tahun lagi.

Jadi ingat, AC mobil kamu yang tidak cukup dingin, belum pasti solusinya bersama dengan malah freon selalu cek secara berkala kebersihan filter kabin mobil kamu ya. Buat kamu yang punya persoalan ini sanggup langsung saja coba mengkonsultasikan persoalan ini ke Djamin AC yang terdapat di Jalan HOS Cokroaminoto No.11.

Previous article

Mutasi Rekening dan bagaimana format Cek Mutasi BRI yang baik?

Next article

Karangan Bunga Jambi