Skip to content

Resep Kopi Avocado Yang Nikmat dan Gurih

Written by

Frobeek lala

Kesempatan kali ini saya akan memberikan resep kopi avocado yang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah penjelasannya.

Perpaduan yang pas antara buah avokad dan kopi ternyata menjadi perpaduan yang sempurna. Cita rasa dari kopi yang kuat dan aromatik berpadu dengan manis oleh creamy-nya buah avokad.

Bagi para pencinta minuman kopi pasti sudah paham apa saja varian yang ada pada kopi. Jika dulu orang-orang lebih banyak tahu kopi hitam atau bahkan hanya mengetahui jenis kopi ini saja, sekarang sudah banyak macam kreasi kopi di Indonesia.

Salah satu jenis kreasi kopi yang cukup terkenal saat ini adalah kopi alpukat atau yang biasa disebut dengan Affogato.
Kopi yang satu ini dibuat dengan memadukan buah alpukat dan ice cream sebagai bentuk cara sajiannya. Ketika anda menikmatinya, Anda akan mendapatkan sensasi rasa yang luar biasa.

Ada rasa pahit dari kopinya bercampur dengan buah alpukat, dan sensasi dingin anda dapatkan dari ice creamnya. Dijamin anda pasti akan menyukainya dan ketagihan untuk minum lagi.

Tahukah kamu, bahwa buah alpukat ini memiliki banyak kandungan yang sangat berkhasiat bagi tubuh kita. Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat yang tinggi, bermanfaat dapat menurunkan kadar kolestrol dan aman bila dikonsumsi bagi orang yang tengah mengalami diabetes.

Tenang, lemak pada buah alpukat bukanlah lemak jalan, melainkan jenis lemak yang dapat menyehatkan tubuh kita. Maka tidak usah heran lagi, bila buah alpukat juga sering kali dijadikan makanan yang dikonsumsi oleh mereka yang sedang melakukan diet.

Buah yang identik dengan warna hijau ini juga memiliki rasa yang manis gurih serta dapat mengenyangkan. Apalagi jika ditambahkan dengan susu kental manis yang rasa coklat, dapat dibayangkan bagaimana rasa manisnya.

Nah, kini buah alpukat tidak hanya bisa dimakan secara langsung atau hanya sekedar dijadikan jus karena sudah ada yang dapat mengkreasikannya menjadi kopi alpukat.

Kopi alpukat atau avocado coffee kini cukup banyak digemari oleh kaum milenial atau muda. Di beberapa café coffe avocado coffee ini bahkan telah menjadi best seller yang utama. Kopi alpukat memang memiliki tampilan yang menarik dan kekinian, itulah yang membuat kopi ini beda.

Jika pada umumnya kopi varian lain lebih enak disajikan dengan kondisi panas, maka berbeda dengan kopi alpukat ini. Campuran ice cream yang ada pada kopi tersebut membuatnya menjadi lebih enak untuk disajikan secara dingin.

Ditambah lagi dengan serutan coklat atau bahan campuran lain diatasnya. Membuat rasa avocado coffee semakin nikmat. Ketika Anda melihat tampilan dari minuman Affogato yang terlihat lebih menarik dari kopi lainnya tersebut pasti akan kagum.

Perpaduan warnanya yang cukup menarik mata, ada hitam yang berasal dari kopi, hijau yang berasal dari buah alpukat dan putih yang berasal dari ice cream serta ada tambahan warna coklat jika anda menambahkan susu coklat diatas ice creamnya.

Dari perpaduan warnanya saja sudah mempunyai daya tarik dari avocado coffee itu tersendiri, khususnya bagi para pecinta kopi. Meminum secangkir kopi alpukat ini sudah cukup membuat kita menjadi kenyang. Itulah yang menjadi alasan mengapa kopi kekinian ini menjadi salah satu minuman favorit di kalangan muda.

Selain dapat mengenyangkan buah alpukat juga memiliki banyak khasiat yang dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain dapat dicampurkan dengan kopi, buah alpukat juga bisa dicampurkan menjadi bahan sajian lainnya seperti, puding alpukat coklat atau es alpukat .

Untuk dapat menikmati secangkir kopi alpukat ini anda cukup berkunjung ke café coffe terdekat, karena hampir semua café yang ada sudah menyediakan menu varian kopi yang satu ini.

Selain mempunyai kandungan gizi yang tinggi serta rasa yang enak, ternyata buah alpukat juga memiliki banyak manfaat yang berguna bagi tubuh kita.
Berikut adalah beberapa macam buah alpukat yang ada dan banyak dikembangbiakkan di Indonesia :

1. Buah Alpukat Mentega

Alpukat Mentega merupakan salah satu jenis alpukat yang tergolong dalam buah alpukat yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Alpukat mentega ini juga termasuk ke dalam jenis alpukat unggulan, karena mempunyai buah dengan daging yang tebal, bertekstur kenyal namun tak berair, warna kuning yang ada pada buahnya tampak bersih tanpa cacat dan hampir serupa dengan mentega.

Buah Alpukat Mentega mempunyai ukuran rata-rata sekitar 600 gram per buah. Alpukat Mentega memiliki bentuk buah yang membulat dengan bagian pangkal dan ujung yang agak membulat pula.

Untuk ukuran, khususnya panjang buah alpukat mentega ini sekitar 13 sampai 17 sentimeter dan dengan diameter buah 10 sampai 14 sentimeter, sedangkan tebal kulit buah hanya 1 mm dan tebal daging buah yang mencapai 1.9 hingga 2.1 sentimeter.

Buah jenis ini tak berbeda dengan alpukat jenis lainnya, meski buah ini mempunyai kadar protein 1.37% dan kadar lemak 7.58%.

Alpukat Mentega ini dapat berbuah dengan rajin sepanjang tahun dan memiliki tingkat produksi buah yang sudah berusia dewasa mampu menghasilkan 350 hingga 450 buah per pohon atau sekitar 225 kilogram per pohon.

2. Buah Alpukat Wina

Alpukat wina ini merupakan jenis alpukat lokal yang dibudidayakan pertama kali oleh kelompok tani di Desa Jetis, Kabupaten Semarang. Pada dasarnya buah ini merupakan tipe alpukat mentega dengan warna yang kulit hijau mengilap dan tebal.

Bentuknya agak bulat, mempunyai ukuran jumbo dengan berat mencapai 1,5 sampai 2 kg per buah. Dengan rasa nikmat, lembut, gurih, dan sedikit manis, tidak heran jika alpukat wina ini dinyatakan buah yang mempunyai kualitas super.

3. Buah Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan salah satu jenis alpukat unggul yang khusus ditanam pada dataran rendah yang telah dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB dengan peneliti yang bernama Dr. Sobir dan juga kawan kawan.

Tanaman alpukat miki ini mempunyai buah yang berukuran besar dengan rata-rata mencapai berat 400 sampai 600 gram perbuah.

Buah alpukat miki mempunyai tampilan daging buah yang tebal berwarna kuning dan memiliki rasa manis tanpa rasa getir. Selain termasuk jenis alpukat yang khusus untuk dataran rendah, tanaman alpukat miki ini juga mempunyai sifat yang genjah atau lebih tepatnya buah yang mudah berbuah.

Tanaman alpukat miki bisa mulai menghasilkan buah pada saat pohon berusia 2 sampai 3 tahun saja, yang dimana lazimnya tanaman alpukat lainnya akan mulai memasuki masa produksi pada usia di atas 5 tahun.

4. Buah Alpukat Hass

Alpukat Hass merupakan jenis buah alpukat yang berasal dari negara Australia. Alpukat yang satu ini diberi nama dengan nama Hass berdasarkan pada penemunya, seorang ahli holtikultura yang bernama Rudolph Hass.

Jenis buah alpukat yang satu ini dari bentuk dan warnanya sangat mudah untuk dibedakan dengan jenis buah alpukat yang lainnya.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki alpukat Hass,

1. Rasa buah alpukat hass yang sangat lezat
2. Kandungan minyaknya yang sangat tinggi
3. Daging buahnya sangat pulen
4. Tidak mudah untuk busuk
5. Harga buahnya yang sangat mahal
6. Pohon mudah untuk berbuah
7. Tingkat produktivitas pohon lumayan tinggi
8. Pasar nasional maupun internasional masih terbuka lebar.

Diprediksi dari rasa, jumlah panen yang tinggi, dan lamanya proses pembusukan, buah alpukat ini merupakan salah satu jenis buah alpukat yang paling populer dikonsumsi di berbagai belahan dunia.

Di Negara Amerika Serikat misalnya, 80% buah alpukat yang tersedia disana adalah jenis alpukat Hass. Begitu pula pada halnya di New Zealand, alpukat jenis ini menjadi jenis yang paling banyak ditanam secara luas.

5. Buah Alpukat Mentega Jambon

Alpukat mentega jambon dari sisi pertumbuhan alpukat ini tergolong bongsor, banyak cabang, dan ketika tumbuh tunas baru maka pohon ini serentak dari dahan paling bawah sampai atas, ciri khas varian ini jika bertunas muda berwarna pink dalam bahasa jawa jambon.

Dari segi bentuk buah berbentuk oval, yang tak kalah menarik buahnya tahan simpan 5 sampai 7 hari dikarenakan berkulit semi tebal. Dengan berat buah rata-rata 4,5 ons per buah.

Salah satu yang menjadi keistimewaan alpukat ini adalah jika sedang berbuah akan susul menyusul, misalnya jika ada buah yang tua maka akan dibarengi dengan buah yang masih kecil, berbunga dan bakal bunga.

Cara Membuat Dan Resep Kopi Avocado Yang Dapat Dicoba

 

Resep kopi avocado

Bahan-bahan :

  • 1. 2 scoop es cream cokelat
  • 2. 1 buah alpukat, keruk isinya
  • 3. 200 ml air
  • 4. 150 gram kopi bubuk nescafe
  • 5. 1/3 gelas susu kental manis

Cara Membuat :

  1. Larutkan kopi bubuk nescafe dengan air. Sisihkan.
  2. Blender buah alpukat sampai halus. Masukkan susu kental manis yang telah disiapkan. Kemudian beri air.
  3. Masukkan buah alpukat yang sudah diblender tadi ke dalam gelas.
  4. Tambahkan es cream dengan rasa cokelat tadi diatasnya.
  5. Siram dengan kopi yang sudah dilarutkan diatasnya.
  6. Kopi avocado siap untuk disajikan.

Menurut Emilio, avocado coffee dulunya adalah menu kopi yang biasa disajikan di kedai kopi biasa, namun saat ini sudah banyak disajikan di high end café dan bahkan menjadi menu yang paling sering dicari orang-orang. Pada BARECA Magazine edisi Maret 2019 ini, Emilio memberikan tips dalam cara membuat kopi avocado, berikut penjelasannya:

1. Alpukat jenis apapun dapat dijadikan untuk membuat avocado coffee, tapi akan lebih baik lagi menggunakan alpukat mentega. Alpukat mentega ini memiliki rasa yang lebih lembut dan creamy dibandingkan jenis alpukat yang lainnya.

2. Pemilihan jenis alpukat yang digunakan akan sangat berpengaruh pada hasil akhir minuman. Alpukat masih mentah memberi rasa pahit dan beberapa jenis alpukat yang sudah matang juga terasa pahit ketika di-blend.

3. Kondimen yang dapat ditambahkan pada avocado coffee adalah ovaltine, milo, ataupun susu kental manis (cokelat dan biasa).

4. Untuk 1 serving minuman avocado coffee disajikan dengan 1 shot espresso, sementara untuk kondimen seperti bubuk milo adalah sekitar 2 sendok teh atau 1 sendok makan.

5. Meskipun Stribe Kitchen & Coffee menggunakan espresso yang diseduh dari campuran biji kopi Guatemala dan Jawa untuk membuat avocado coffee, namun kopi yang digunakan tidak harus berasal dari biji kopi yang mahal.

6. Kopi instan juga dapat digabungkan dengan buah alpukat. Pada dasarnya kopi yang akan digunakan hanya sedikit dan akan tercampur dengan alpukat, maka rasa pahit dari kopi tidak begitu memengaruhi.

Ulasan diatas merupakan penjelasan yang terkait alpukat dan juga resep kopi avocado. Demikian yang dapat saya sampaikan kepada anda, semoga dapat membantu, jangan lupa untuk mengunjungi resep avocado coffee yang lain.

Selamat mencoba. Terima kasih.

Previous article

Teckhnology inti tabung solahart

Next article

Jual Mesin Fotocopy Semarang Murah