Skip to content

Cara Mencegah Terjadinya Radang Paru Pada Anak

Written by

Frobeek lala

Paru-paru meradang tidak hanya mengancam orang dewasa. Anak-anak pun bisa menderita permasalahan tersebut. Penyebabnya sangat bervariasi. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua untuk mencegahnya agar risiko radang paru pada anak ini tidak terjadi.

Tindakan pencegahan selalu yang terbaik. Sifatnya lebih murah. Selain itu, mudah dikerjakan oleh setiap orang. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Radang Paru Pada Anak

baca juga: cuci kasur springbed bandung

Gambaran Tentang Radang Paru

Istilah medis dari masalah ini disebut dengan Pneumonia. Sebuah kondisi di mana organ mengalami masalah yang serius. Ketika tidak ditangani dengan tepat, penderitanya berisiko kehilangan jiwa.

Radang ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Faktanya, masalah ini bisa muncul pada anak yang baru lahir ke dunia. Kenyataan ini tentu sangat mengkhawatirkan. Pasalnya, daya tubuh anak masih sangat rentan.

Sistem imunitasnya belum terbentuk sempurna. Ketika terjangkiti penyakit kronis, risikonya terlalu berat. Bahkan, ancaman nyata ialah tidak mampu bertahan.

Sebagai catatan saja, radang paru pada anak ini termasuk masalah paling serius. Memiliki rekor tertinggi sebagai penyebab kematian pada anak yang belum genap berusia 6 bulanan.

Radang ini akan menyerang jaringan di sekitar paru-paru. Serangan ini dihasilkan oleh bakteri, virus, hingga jamur. Hasil dari serangan membuat anak akan terlihat merintih dan sesak napas.

Ini bisa dilihat dari cirinya. Contohnya terlihat penarikan dinding dada anak ketika bernapas. Ini sekaligus menunjukkan bahwa anak sedang berusaha lebih keras untuk bernapas.

Ciri lainnya bisa diperhatikan dari bibir dan ujung jari yang tampak berwarna biru. Sesekali, anak akan mengalami muntah lantaran tubuhnya bereaksi. Yakni mencoba untuk mempertahankan diri dari serangan luar.

Ketika kondisi ini terjadi, sudah semestinya orang tua segera melakukan penanganan. Membawanya ke dokter menjadi pilihan yang bijak. Setidaknya, Tindakan ini bisa meminimalkan masalah yang lebih serius lagi.

cek juga harga cuci sofa bandung

Upaya Pencegahan Terhadap Radang Paru Pada Anak

Berbahayanya kondisi tersebut seharusnya menjadi perhatian bagi orang tua. Anda seharusnya berupaya untuk melakukan pencegahan. Salah satunya dengan tidak melewatkan imunisasi wajib bagi anak.

Selain itu, penuhi kebutuhan nutrisinya. Ketika baru berusia beberapa bulanan, berilah ASI secara sempurna. Karena, ASI merupakan makanan pokok yang menunjang pada pertumbuhan serta peningkatan daya tahan tubuhnya.

Tidak hanya itu saja, jauhkan anak dari area yang kurang sehat. Contohnya dengan menjauhkan anak dari kepulan asap rokok hingga polusi.

Pencegahan seperti ini cukup untuk meminimalkan terjadinya radang paru. Pasalnya, zat kimia tidak seharusnya dihirup oleh anak yang notabenenya masih kurang dalam pertahanan diri. Ini sekaligus menghindarkan seluruh anggota keluarga dari masalah kesehatan.

Kesimpulannya, radang paru pada anak bisa menghilangkan keceriaannya. Anda seharusnya berusaha yang terbaik untuk meminimalkannya. Yakni dengan menjaga lingkungannya tetap bersih serta mendukungnya dengan pemenuhan gizi yang tepat.

Previous article

Jual Karpet Masjid Di Jakarta Timur

Next article

Cara Budidaya Ikan Kuwut agar Cepat Besar dan Sehat