Apa Saja Penyebab Thermostat Mobil Bekas Cepat Rusak?

Salah satu komponen di mobil bekas yang bermanfaat untuk menata temperatur cairan pendingin mesin ialah thermostat.

Komponen ini sendiri mempunyai faedah yang lumayan penting untuk mesin mobil Anda, yakni sebagai komponen guna membuka dan memblokir aliran air dari radiator ke mesin.

Lalu kenapa mobil perlu memakai katup pada sistem pendingin mobil?

Sistem pendingin mesin sendiri memakai air sebagai media penghantar panas dari mesin ke radiator supaya mesin tidak merasakan overheat.

“Perpindahan panas sendiri dilangsungkan dari blok silinder yang sudah terhubung langsung dengan ruang pembakaran mengarah ke air yang letaknya sedang di water jacket,” ucap Rudi Ganefia Workshop Head Auto 2000 yang berada di distrik Cilandak, Jakarta Selatan.

Air yang sedang di dalam water jacket ini seiring dengan pemakaian akan merasakan peningkatan suhu sebab tekanan pompa air bakal mendorong air yang berasal dari water jacket mengarah ke radiator.

Di dalam radiator tersebut sendiri, air bakal didinginkan guna menyerap pulang panas yang dihasilkan.

Meski begitu, Thermostat yang letaknya sedang di dalam sistem pendingin sebuah mesin tetap bakal mengalami kehancuran seperti komponen lainnya.

Jika komponen ini rusak, maka pasti akan dominan pada sistem pendingin mesinnya.

Penyebab yang tidak jarang terjadi ialah karena cairan pendingin atau air radiator yang tidak cocok dengan spesifikasi yang sudah ditentukan.

“Kalau cairan pendinginnya tidak cocok dengan spesifikasi, pastinya akan menciptakan thermostat menjadi cepat rusak,” ucap Technical Advisor National PT Astra International-Peugeot, Samsudin.

“Biasanya sih empunya mobil memakai air biasa guna menambahkan atau mengubah air radiator tersebut. Ini yang menciptakan komponen ini cepat rusak,” cerah Samsudin lagi.

Kerusakan terjadi sebab kandungan mineral pada air biasa yang dipakai pada sistem pendingin akan menciptakan kerak yang bila tidak dipedulikan akan menumpuk di dalam thermostat tersebut sampai-sampai cepat atau lambat akan menciptakan komponen ini rusak.

“Kalau kerak hingga menempel di katup thermostat, pasti akan menciptakan aliran cairan pendingin menjadi terhambat,” ucap Samsudin.

Karena itu, supaya komponen ini tidak mengalami kehancuran dan mengganggu kinerja mesin, usahakan Anda memakai cairan pendingin yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan atau mengubah thermostat dengan yang baru. Sumber: https://www.decisionsonevidence.com/seva-mobil-bekas/