Pengertian Kreatif, Bentuk, Karakteristik

Pengertian kreatif menurut pendapat ahli

Didalam artikel Kuliahpendidikan.com ada banyak materi tentang pendidikan dan pengetahuan umum saslah satunya adalah pengertian kreatif ini.

Untuk lebih memahami apa yang kreatif, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli. Berikut ini adalah pemahaman kreatif, menurut para ahli:

pengertian kreatif

  1. Sadiq (2010)

Pemahaman kreatif, menurut Sadiq (2010), merupakan gagasan tentang konsep dan rencana untuk kemajuan. Ide ini diperlukan dalam pemikiran dan juga dalam karya seseorang dalam penyelesaian masalah sosial yang berkembang.

  1. Widyatun

Menurut Widyatun (1999), pemahaman kreatif adalah kemampuan untuk memecahkan masalah yang memberikan setiap orang kesempatan untuk menjadi kreatif dalam rangka mengembangkan ide-ide baru / adaptif yang memiliki fungsi dan kegunaan umum untuk berkembang

  1. James R. Evans

Pemahaman kreatif, menurut James R. Evans (1994), adalah kemampuan untuk menemukan hubungan baru, untuk melihat topik dari perspektif yang berbeda dan untuk menggabungkan beberapa konsep yang dipahami dalam masyarakat untuk mengubah mereka menjadi konsep lain.

  1. Supriadi

Menurut Supriadi, definisi kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik dalam bentuk ide maupun dalam bentuk karya nyata yang berbeda secara relatif dari apa yang sudah ada. Kreativitas adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menyiratkan eskalasi kemampuan berpikir yang ditandai oleh urutan, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahapan perkembangan.

  1. Conny R. Semiawan

Menurut Conny R. Semiawan, makna kreatif adalah kemampuan untuk mengembangkan ide baru untuk menyelesaikan masalah.

5. Havvel

Menurut Havvel, makna kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sistem baru atau komposisi baru.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau menciptakan kreativitas. Kreativitas juga dapat bermakna sebagai kreasi terbaru dan paling orisinal yang diciptakan, karena kreativitas adalah proses mental yang unik untuk menciptakan sesuatu yang baru, berbeda, dan orisinal.

Bentuk Kreatif

  1. Gagasan

Berpikir kreatif akan menghasilkan ide-ide yang unik dan tidak terpikirkan sebelumnya. Idenya adalah pemikiran yang menciptakan solusi untuk masalah yang ada di masyarakat.

  1. Produk (barang / jasa)

Produk yang dihasilkan juga merupakan bentuk kreativitas. Tentu saja, tanpa proses kreatif, produk yang diproduksi tidak dapat memenuhi harapan konsumen.

  1. Gagasan

Kreatif juga dapat diwujudkan dalam bentuk ide untuk mengatasi masalah yang ada. Gagasan dapat diungkapkan secara langsung atau melalui surat pendek, buku, dan lainnya.

Karakteristik Orang Kreatif

  1. Seringlah mengenalkan diri Anda

Mereka yang memperkenalkan diri paling sering termasuk dalam kategori orang-orang kreatif. Secara umum, orang yang ingin memperkenalkan diri memiliki belahan otak kanan yang lebih dominan daripada otak kiri.

Mereka sering disebut sebagai pemimpi yang realistis karena mereka mampu mengubah imajinasi mereka menjadi kenyataan.

  1. suka tantangan

Tantangan dan kesulitan adalah untuk sesuatu yang kreatif yang dapat memicu antusiasme. Secara umum, mereka menghadapi tantangan dengan sikap optimis yang berani mengambil risiko.

Jika mereka tidak harus menghadapi tantangan, ini dianggap pelajaran. Dan ada kepuasan dalam kesuksesan melalui kesulitan yang mereka hadapi.

  1. Mudah untuk menyesuaikan

Orang kreatif adalah orang yang dapat berpikir cepat untuk menemukan ide atau mengatasi masalah. Ini memfasilitasi adaptasi terhadap lingkungan dan membantu menyelesaikan kasus dalam kelompok.

  1. Merasa sedikit bosan

Orang kreatif sering membayangkan ini dan selalu terbuka untuk ide-ide baru. Itulah yang menggoda dia untuk cepat bosan dan mencoba hal-hal baru berulang kali.

  1. Orang misterius

Orang kreatif dapat dengan mudah dipengaruhi oleh suasana hati yang berubah dengan cepat dan yang kepribadiannya sulit ditebak. Sensitivitas dan empati mereka tinggi, tetapi sikap mereka sering membingungkan orang lain.