Negara penguasa eksport udang beku dunia

Perikanan  adalah salah satu sub-sektor yang berperan dalam perekonomian nasional. Sebagai salah satu produk perikanan eksportir, udang segar dan ekspor beku produk udang dari nelayan Indonesia.

Mendorong pertumbuhan subsektor agro-perikanan melalui penyediaan bahan baku, meningkatkan devisa melalui ekspor perikanan, menyediakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan petani dan memberikan kontribusi pada peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) (KKP, 2013).

Salah satu perikanan komoditas unggulan adalah udang. Pada artikel ini, kita akan membahas sejumlah negara yang eksportir udang beku di dunia. Serta informasi mengenai nilai ekspor masing-masing negara.

 

Negara penguasa eksport udang beku

pasar ekspor udang beku global pada periode tahun lalu mencapai US $ 17,2 miliar, atau sekitar Rp. 232.200.000.000 (kurs Rp. 13.500 / US $). Indonesia adalah salah satu dari banyak negara yang adalah eksportir utama udang beku di pasar global. Posisinya berada di peringkat keempat setelah India, Ekuador, dan Vietnam.

Menurut Worldtoexports.com, tahun lalu nilai ekspor udang beku Indonesia mencapai US $ 1,3 miliar, atau Rp. 17,55 triliun. Selain itu, pangsa pasar udang beku Indonesia mencapai 7,8%. Negara-negara yang menjadi pasar ekspor Indonesia termasuk Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara Uni Eropa.

Mungkin anda butuh : jasa sewa container

Sementara itu di posisi pertama adalah India, yang merupakan eksportir terbesar udang beku. Mencatat nilai ekspor US $ 4,4 miliar, atau Rp. 59,4 triliun pada 2018. Selain itu, pangsa pasar udang beku India mencapai 25,4%.

Berikutnya adalah Ekuador, yang memiliki pertumbuhan ekspor yang paling cepat sejak 2014. Tahun lalu, nilai ekspor udang beku dari Ekuador mencapai US $ 2,9 miliar, atau Rp. 39,15 triliun dengan pangsa pasar 17%.

 

Eksport udang indonesia

Udang merupakan salah satu komoditas perikanan terkemuka di Indonesia. komoditas tersebut dicatat dengan ekspor perikanan peringkat kedua Indonesia setelah TTC (tuna, makarel, cangkalang) dengan volume 11,15% dan nilai ekspor 33,10% (KKP, 2013).

Indonesia merupakan salah satu eksportir udang terbesar di dunia. ekspor udang Indonesia secara umum dibagi menjadi dua jenia meliputi udang segar dan udang beku. Khusus untuk udang beku, negara itu peringkat sebagai eksportir terbesar keempat udang beku di dunia.

Negara-negara pesaing utama udang Indonesia adalah Vietnam, Cina, India, dan Thailand. Pada tahun 2013, nilai ekspor udang segar Indonesia menduduki peringkat ke017 dengan pangsa hanya 0,65%. Sementara ekspor udang beku, berada di peringkat ke-4 dengan pangsa ekspor sebesar 8,05% (ITC, 2015). Demikian pula, pada tahun 2018, Indonesia menduduki peringkat ke-4 untuk ekspor udang beku.