Pakai Cms blogspot atau wordpress ?

Jika Anda sedang berencana untuk membuat blog, maka Anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan platform blog yang. Namun ada dua pilihan blog platform yang sangat populer digunakan adalah Blogspot dan WordPress. Masing-masing dua memiliki kelebihan dan kekurangan serta memiliki perbedaan mendasar.

Pada artikel ini, kami akan membantu Anda untuk memutuskan mana blog platform yang dapat Anda gunakan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum kita mulai melakukan perbandingan antara platform Blogspot dan WordPress, mari kita bahas pertama beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih platform blog.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Kemudahaan Penggunaan
    Anda pastinya membutuhkan sebuah platform yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Selain itu platform blog juga mempunyai sebuah fungsi pengaturan yang mudah, dapat menambahkan konten dengan mudah serta dapat menumbuhkan audiens dari blog tersebut.
  • Fleksibilitas
    Anda memerlukan sebuah platform blog yang memungkinkan untuk menambah lebih banyak lagi fitur yang Anda butuhkan dan platform blog tersebut mempunyai potensi untuk dikembangkan.
  • Monetisasi
    Jika anda menginginkan blog yang Anda kelola dapat menghasilkan uang, maka Anda harus memilih platform blog yang memiliki banyak pilihan untuk dapat dimonetisasi.
  • Support
    Pastikan pilihan platform blog Anda bisa mendapatkan support ketika Anda membutuhkannya. Misalnya disaat membuat, mendesain atau mengelola blog Anda.

Aspek lain yang perlu menjadi pertimbangan ketika memilih sebuah platform blog adalah mengenai perbandingan biaya, desain, juga peluang untuk menerapkan SEO (Search engine Optimization) dan lain-lain. Selanjutnya kita akan bahas lebih detail lagi mengenai platform Blogspot dan WordPress.

 

Platform blogspot

Platform Blogspot atau Blogger adalah layanan blog gratis yang dikelola oleh perusahaan Google. Pada awalnya platform Blogspot dikelola oleh Pyra Labs. Blogspot diperkenalkan kepada publik pada tahun 1999, kemudian pada tahun 2003 diakuisisi oleh Google. Dengan menggunakan platform yang blogspot, Anda diijinkan untuk membuat blog secara gratis dan Anda juga akan mendapatkan sub Blogspot domain gratis untuk blog baru Anda. Tetapi jika Anda ingin blog Anda untuk memakai nama domain khusus, Anda dapat mendaftarkan nama domain di Blogspot.

Kelebihan Blogspot

Beberapa kelebihan yang dimiliki platform Blogspot antara lain:

  • Dengan menggunakan Blogspot, kita dapat membuat sebuah blog dengan cepat,
    serta mudah untuk digunakan dan dikelola
  • Anda tidak memerlukan paket hosting untuk blog Anda, karena di Blogspot sudah disediakan secara gratis.
  • Adanya dukungan Google untuk setiap pembaharuan aplikasinya.
  • Tersedia pilihan template yang beragam serta adanya kemudahan untuk mengatur tampilan blog mulai dari latar belakang, lebar kolom hingga mengubah jenis dan warna font.
  • Anda akan mendapat sebuah nama domain gratis dari blogspot.com, tetapi jika Anda menginginkan nama domain sendiri, Anda dapat mendaftarkan nama domain yang Anda pilih ke Blogspot.
  • Meski di Blogspot tidak tersedia plugin, tetapi Blogspot sudah menyediakan beberapa widget untuk Anda gunakan.
  • Platform Blogspot telah terintegrasi dengan layanan Google Adsense, sehingga memungkinkan bagi Anda untuk menayangkan iklan di blog Anda dan mulai menghasilkan uang dari blog Anda.
  • Platform Blogspot juga telah terintegrasi dengan layanan Google Analytics dan layanan Google Search Console.

Kekurangan Blogspot

Adapun beberapa kekurangan yang dimiliki platform Blogspot antara lain:

  • Untuk mempunyai blog di Blogspot, Anda harus memiliki terlebih dahulu akun Google untuk mendaftarkan blog Anda.
  • Blogspot hanya menyediakan fungsi dasar sebuah blog. Anda tidak dapat melakukan hal lainnya selain membuat sebuah blog standar dan memposting konten blog.
  • Pilihan tampilan dan fitur di Blogspot sangat terbatas, sehingga sangat sulit untuk membuat desain blog Anda terlihat beda dan unik.
  • Anda tidak sepenuhnya memiliki konten blog Anda, karena semuanya ada di server Google, meski Anda juga dapat mengekspor konten tersebut jika diperlukan.
  • Google dapat menangguhkan blog Anda kapan saja, atau bahkan membatalkan layanan Blogspot Anda.

 

Platform wordpress

WordPress adalah platform blog dengan bentuk Content Management System (CMS), yang WordPress adalah platform yang dirancang untuk membantu Anda untuk membangun sebuah website, termasuk sebuah blog. Diluncurkan pada tahun 2003 dan kode software WordPress adalah terbuka, sehingga memungkinkan bagi seorang programmer untuk berpartisipasi dalam mengembangkan platform yang WordPress ini.

Saat Platform WordPress telah digunakan di lebih dari 30% dari website di internet. Anda dapat men-download WordPress ini gratis dan menggunakannya tanpa pembatasan atas web yang Anda inginkan.

Untuk membuat blog menggunakan platform yang WordPress, Anda harus memiliki paket hosting dan domain nama, sehingga Anda dapat menginstal WordPress. Kedengarannya agak rumit memang, tapi instalasi WordPress cukup sederhana. Selain itu, banyak tutorial yang tersebar di internet yang dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk belajar WordPress.

 

Kelebihan WordPress

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh platform WordPress antara lain sebagai berikut:

  • Platform WordPress adalah sebuah solusi fleksibel untuk mempersiapkan sebuah blog yang anda bangun karena memungkinkan untuk memperluas fungsionalitas dari blog Anda.
  • Platform WordPress juga memberikan kontrol secara penuh terhadap blog yang Anda kelola.
  • Platform WordPress yang kode pemrogramannya bersifat terbuka ini memiliki komunitas pengembang yang luas.
  • Tersedia berbagai macam desain template yang akan membantu blog anda menjadi cantik tanpa perlu keahlian desain.
  • Tersedia berbagai macam plugin untuk menambahkan berbagai fitur yang Anda butuhkan tanpa memerlukan pengetahuan tentang pemrograman. Baca juga : beli plugin elementor pro
  • Platform WordPress menyediakan fitur untuk ekspor dan impor konten anda dari dan ke platform lain.
  • Anda juga dapat menghasilkan uang dengan blog WordPress anda misalnya dengan menyematkan layanan Google Adsense ke blog Anda ataupun dari program marketing affiliate.

Kekurangan WordPress

Sementara kekurangan platform WordPress antara lain sebagai berikut:

  • Untuk melakukan instalasi WordPress, Anda memerlukan sebuah nama domain serta server sendiri.
  • Anda harus mengelola keamanan blog, backup data dari blog Anda secara pribadi.
  • Karena terlalu banyak pilihan tema dan plugin, Anda memerlukan waktu untuk melakukan riset dan menemukan tema atau plugin yang tepat untuk blog Anda.
  • Banyak pilihan tema dan plugin yang mungkin tepat dan sesuai dengan kebutuhan blog Anda, namun untuk itu, Anda harus membayar mahal untuk mendapatkan tema dan plugin dari pihak ketiga tersebut.

 

Memilih antara blogspot dan wordpress

 

Saatnya kita untuk memutuskan apakah akan memakai apa blog platform yang. Baik Blogspot atau WordPress memiliki tempat dan kegunaan yang berbeda tergantung pada masing-masing pengguna.

Platform Blogspot sangat berguna bagi pengguna yang ingin membuat blog dengan cepat dan ingin segera menjalankan blog sepenuhnya. Jika Anda ingin sebuah platform blog sederhana, menggunakan platform yang Blogspot adalah solusi yang tepat untuk Anda. Karena penggunaan Blogspot gratis, maka Anda tidak perlu membayar layanan Blogspot ini untuk memulai. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir untuk berpikir tentang hosting atau pertimbangan teknis lainnya.

Namun demikian Platform Blogspot juga memiliki beberapa batasan, seperti pilihan terbatas tema untuk menyesuaikan tampilan blog Anda. Kemudian jika Anda ingin blog Anda untuk menjadi seperti bisnis web, web portofolio pribadi atau toko online, Blogspot tidak bisa menyesuaikan diri dengan format yang Anda inginkan untuk tidak menyediakan fitur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda ingin ketika Anda akan membuat blog baru dengan persyaratan bahwa biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat blog kecil yang, blog juga memiliki pengaturan yang cepat dan platform yang ramah, maka Anda dapat memilih platform Blogspot sebagai pilihan. Kemudian jika Anda berfokus pada kecepatan untuk membangun sebuah blog, Blogspot juga merupakan pilihan. Blogspot, Anda dapat mengaktifkan dan menjalankan blog Anda dalam waktu kurang dari satu jam.

Namun, jika Anda membuat blog dan memiliki keinginan untuk mengembangkan blog Anda, dan ingin fitur tambahan di blog platform Anda, maka Anda dapat memilih WordPress sebagai platform blogging Anda. Platform ini menyediakan berbagai tema yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, misalnya jika Anda ingin membuat blog dengan bentuk portofolio atau toko online, WordPress menyediakan berbagai tema untuk itu. Selain Plugin WordPress juga didukung oleh sejumlah baik gratis dan berbayar yang Anda dapat memilih dan menggunakan untuk menambah fungsionalitas dari platform WordPress.