Mesin Ride On Scrubber VS Walk In, Mana yang Lebih Tepat?

Mesin Ride On Scrubber VS Walk In, Mana yang Lebih Tepat?

mesin automatic scrubber

Sebagai pemilik usaha layanan kebersihan, apakah anda sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan usaha anda? Apa sih yang ada di rencana anda terkait dengan pengembangan usaha? Menambah jumlah pegawai atau berinvestasi dengan mengganti teknik manual dengan teknik mesin? Menambah pegawai mungkin ada di prioritas anda jika anda sedang berencana membantu pemerintah dalam rangka mengurangi pengangguran, namun bukan rahasia juga ya jika menemukan tenaga kerja yang tepat bukan merupakan perkara mudah. 

Bergelut di bidang jasa kebersihan, maka anda membutuhkan tenaga kerja yang telaten dan teliti. Tidak hanya itu, anda juga membutuhkan tenaga kerja yang rajin agar pekerjaan selesai tepat waktu. Ruangan, terutama lantai menjadi hal yang paling sering digunakan, mengingat lantai yang basah rawan bahaya jika dipaksa digunakan pekerja anda harus memastikan bekerja dengan cepat agar lantai sudah bersih dan kering saat ruangan akan digunakan. Bagi anda yang kesulitan menemukan pekerja yang cocok, mungkin berinvestasi dengan mesin pel otomatis bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak penyedia jasa cuci karpet yang menggunakan mesin ini untuk membantu pekerjaan mereka.

Sebelum membeli alat pel otomatis anda mungkin akan ditawari berbagai tipe mesin, diantara beberapa tipe mesin mungkin yang jamak ditawarkan adalah tipe mesin walk behind dan mesin ride on scrubber. Bedanya apa sih? Secara fisual tipe walk behind adalah mesin pel otomatis dimana si operator mengoperasikan mesin dengan menggerakkan dari belakang. Sebagai bahan bayangan, mesin ini persis digunakan seperti vacuum cleaner atau alat pemotong rumput. Sedangkan tipe ride on adalah mesin pembersih otomatis dimana dalam operasinya operator menaiki mesin. Anda bisa membayangkan mesin forklift sebagai bayangan.

Mana yang lebih bagus? Berbicara tentang keunggulan, setiap tipe mesin memiliki keunggulan masing-masing. Tergantung dengan area yang akan dibersihkan. Tipe ride on memang menawarkan kemudahan. Anda tidak perlu mendorong alat saat proses pembersihan. Selain hemat waktu hemat energi, anda mungkin tidak akan merasa kalau sedang bekerja. Tipe ini memang di design untuk meningkatkan produktivitas bahkan sampa 400% lho jika dibandingkan dengan teknik manual.

Apakah kemudian mesin ride on scrubber menjadi pilihan yang paling tepat? Tunggu dulu, meski bisa meningkatkan produktivitas sampai dengan 400%, nyatanya mesin ini tidak bisa digunakan untuk semua area. Tipe ini cocok bagi anda yang memiliki pelanggan dengan area luas. Misalnya seperti gudang atau lapangan indoor. Anda bisa membayangkan bagaimana capeknya dan berapa jumlah tenaga kerja yang diperlukan jika area seluas ini dibersihkan dengan teknik manual kan? Tipe Walk In memang menawarkan kelebihan dibandingkan dengan teknik manual, tapi tetap saja, untuk area seluas itu tetap membutuhkan banyak waktu. Dibandingkan dengan walk in, ride on bisa meningkatkan produktivitas sampai dengan 64%. Cocok sekali untuk pelanggan dengan area luas dengan waktu pengerjaan yang singkat kan?

Jika pelanggan anda kebanyakan adalah wilayah perkantoran, maka tipe walk in lebih tepat menjadi pilihan anda. Mesin dengan tipe ride on akan sulit menjangkau wilayah yang sempit dengan banyak sisi. Modelnya yang kebanyakan memakan tempat juga cenderung tidak praktis jika digunakan untuk membersihkan area perkantoran. Belum lagi jika pelanggan anda meliputi gedung-gedung bertingkat, sudah bisa dibayangkan bagaimana repotnya kan jika anda memaksa menggunakan tipe ride on?

Nah, dari sedikit uraian di atas bisa disimpulkan ya, jika setiap mesin memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi pastikan memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan anda ya, semoga membantu.