Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Benar

Pekerjaan freelance atau penulis lepas memang banyak digandrungi saat ini. Ada banyak jenis artikel yang ada di dunia penulisan antara lain artikel persuasi, argumentasi, narasi, fiksi, ilmiah, deskripsi dan masih banyak lagi lainnya. Setiap tulisan yang dibuat harus ditulis semenarik mungkin untuk menarik perhatian pembaca. Namun masih sedikit orang dapat menulis artikel yang baik dan benar.

Jasa penulis artikel adalah salah satu yang banyak dicari orang. Karena begitu banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui jasa ini. Salah satunya sebagai media promosi sebuah usaha atau yang lainnya. Tetapi juga harus diperhatikan, bahwasannya Anda harus mencari orang yang tepat agar tujuan Anda tercapai. Yakni salah satunya mencari penulis yang benar-benar mengerti dan paham akan aturan penulisan.

Langkah pertama sebelum menulis sebuah artikel terlebih dahulu Anda harus menentukan jenis apa yang akan ditulis. Ini penting karena setiap jenis artikel memiliki format tersendiri didalam penulisannya. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan agar artikel yang kita tulis baik dan menarik.

1. Merumuskan Tema

Hal yang penting bagi para penulis dalam menentukan tema apa yang akan ditulis. Buat tema yang lebih spesifik tidak mengembang kemana-mana dan konsisten dalam penulisannya.

2. Menentukan Tujuan Penulisan

Tidak kalah penting yakni menentukan tujuan penulisan atau merupakan isi dari artikel itu sendiri. Disini perlu dijelaskan tujuan pasti tidak melebar dan bertele-tele. Karena kebanyakan pembaca tidak suka dengan tulisan yang terlalu panjang tetapi minim isinya.

3. Tentukan Rumusan Ide Pokok

Hampir sama dengan isi, ini merupakan tulisan yang menggambarkan maksud dari dibuatnya artikel itu. Buat sesingkat dan sejelas mungkin agar memudahkan pembaca dalam memahami isi dari sebuah artikel.

4. Pengembangan Tema

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pengembangan tema. Untuk menulis sebuah artikel yang baik, jabarkan secara benar dan tertata serta kembangan  tulisan yang tentu saja berpegang pada tema yang sudah ditentukan diawal.

5. Buat Kesimpulan

Merupakan bagian terakhir suatu artikel. Disini penulis wajib membuat tulisan yang cukup simple. Agar pembaca benar-benar memahami apa kesimpulan yang telah diuraikan diatas.

Demikian ulasan dan informasi yang bisa saya sampaikan. Menulis artikel yang baik adalah tujuan semua penulis, semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan teman-teman semuanya. Terus berlatih dan belajar adalah kunci sukses setiap orang.