Mari Mencegah Penyakit Meningitis

Meningitis adalah penyakit radang selaput otak yang rentan menyerang anak-anak balita. Meningitis disebabkan oleh berbagai mikroorganisme. Walaupun jamur dan parasit dapat menyebabkan meningitis bakteri atau virus adalah yang lebih sering ditemukan. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada meninges, semacam selaput yang melapisi otak dan syaraf tulang belakang.

Penyakit ini tergolong berat karena jika tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan penderita kehilangan nyawa. Prosentase hidup penderita akan lebih besar jika penanganan didapat dini dan tepat. Pada kasus penyanyi Ashanti, misalnya, penanganan intensif oleh tim dokter nya berhasil menuntaskan radang selaput otak yang menyerang. Perlu diketahui, penyakit ini mudah menular lewat batuk dan bersin dimana droplet berisi bakteri dan kuman terlempar ke udara kemudian pindah ke orang yang sehat.

Penularan bisa juga lewat penggunaan bersama alat makan/minum atau sikat gigi yang terkontaminasi ludah/lendir. Atau berciuman pada orang dewasa. Enterovirus, penyebab meningitis viral nomor satu, ditularkan melalui kontaminasi tangan dengan feses jika kita tidak mencuci tangan dengan baik. Bakteri secara umum lebih sulit disebarkan dibanding virus dan biasanya membutuhkan kontak dekat dalam waktu yang lama atau kontak dengan cairan tubuh seperti ludah. Salah satu pengecualiannya mungkin adalah Listeria yang disebarkan melalui makanan yang terkontaminasi.

Gejala Meningitis

Gejala-gejala umum meningitis penting diketahui. Sebab dengan penanganan tepat dan cepat, peluang kesembuhan akan lebih besar.

Berikut gejalanya:

– Pada bayi: gejala yang ditunjukkan seringkali tidak spesifik. mungkin saja rewel lebih dari biasanya, malas menyusu, muntah, lemah, terlihat tidak seaktif biasanya. Tentu gejalagejala ini masih terlalu umum, belum tentu meningitis, untuk itulah diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

– Pada anak usia di atas 2 tahun: demam tinggi, anak mengeluh sakit pada kepala dan leher, kejang, kurang kesadaran, muntah, mual, bahkan hingga tak sadarkan diri. Gejala berdasarkan penyebab: Gejala khusus antara penyebab virus atau bakteri umumnya serupa walaupun ada beberapa hal yang dapat dibedakan. Pada umumnya, meningitis yang disebabkan virus tidak separah yang disebabkan bakteri.

Kursus les pelatihan berbahasa inggris bisa menjadi pilihan tepat untuk orangtua yang ingin anaknya lancar berbahasa inggris.