Skip to content

Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Written by

Frobeek lala

Penyebab dari pencemaran lingkungan salah satunya karena keberadaan sampah yang tidak dapat didaur ulang. Namun beberapa sampah memang dapat didaur ulang kembali. Jika setiap hari saja banyak sekali gunungan sampah, tetapi hanya sedikit sampah yang dapat didaur ulang, Lalu bagaimana nanti kondisi lingkungan kita mendatang? Untuk itu kita perlu mengetahui limbah berikut yang tidak dapat didaur ulang adalah limbah yang kita temui sehari-hari.

Untuk mengantisipasi penggunaan limbah yang tidak dapat didaur ulang tersebut, yuk kita simak artikel jenis limbah berikut yang tidak dapat didaur ulang adalah:

Baca Juga : Bagaimana cara daur ulang sampah plastik?

10 Jenis Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah

Banyak jenis limbah berikut yang tidak dapat didaur ulang adalah limbah anorganik dan limbah padat. Untuk megantisipasi dan agar lebih jelasnya, Yuk ketahui barang-barang apa saja yang tidak dapat didaur ulang tersebut.

1. Cup bekas kopi

Limbah berikut yang tidak dapat didaur ulang adalah cup bekas kopi. Kalau kalian ingin  mendaur ulang cup bekas kopi, coba pikirkan kembali. Karena, cup bekas kopi ini  bertujuan hanya digunakan untuk sekali pemakaian saja.  Benda lain seperti kemasan plastik bekas pakai sebaiknya juga dikembalikan ke pihak yang membutuhkan untuk didaur ulang.

2.  Kaleng & Kaca

Barang selanjutnya yaitu kaleg dan kaca. Kaleng membutuhkan waktu sampai ratusan tahun agar dapat terurai. Tak beda jauh dengan kaleng, kaaca pun juga membutuhkan waktu yang sangat lama agar bisa terurai. Lapisan kaca yang tebal sangat menyulitkan untuk dijadikan daur ulang.

Untuk para pelaku industri, diwajibkan untuk mempunyao sistem daur ulang yang baik, untuk limbah dari kaleng dan kaca dapat terurai dengan cepat. Karena kita tidak mempunyai akses untuk pengelolaan limbah kaca dan kaleng, sebaiknya dapat menyerahkan pada organisasi atau perkumpulan waste management sekitar kalian.

3. Kotak bekas pizza

Pada kotak bekas pizza terdapat banyak sekali minyak yang menempel, yang dapat mengakibatkan pencemaran proses pulping, saat melakukan daur ulang. Maka dari itu  Anda lebih baik membuangnya.

4. Tempat selai 

Sama halnya dengan kaca, karena tempat kebanyakan terbuat dari kaca jadi akan sulit didaur ulang. Pada saat kita membeli selai dari pengusaha lokal, setelah memindahkan isi selai ke wadah lain, Anda dapat mengembalikan tempat selai itu ke pengusaha lokal untuk digunakan kembali.

5.  Sampah Plastik

LImbah berikutnya adalah Sampah plastik karena sampah plastik ini merupakan yang paling membandel dan membutuhkan waktu lama untuk terurai. Pembusukannya sendiri bisa memakan waktu ratusan tahun. Pada Setiap berbelanja, Anda akan mendapatkan kantong plastik atau kantong kertas untuk membawa makanan. Namun, ide dari beberapa toko adalah menerima tas bekas untuk didaur ulang.

6. Tempat makanan

Saat memesan makanan untuk dibawa pulang, Anda pasti akan menemukan tempat untuk membawa makanan. Jika wadah makanan terbuat dari karton, sebaiknya segera dibuang, tetapi jika terbuat dari plastik dapat disimpan sebagai tempat penyimpanan sementara.

7. Filter air

Filter air tidak dapat didaur ulang, yang terbaik adalah meminta perusahaan filter air untuk mengambilnya kembali. Namun, jika perusahaan tidak dapat menariknya kembali, lebih baik disingkirkan.

8. Sol sepatu

Sol karet dan ban karet juga membutuhkan waktu lama untuk terurai. Butuh puluhan tahun untuk mengurai sampah semacam ini. Kabar baiknya adalah beberapa produsen alas kaki mulai mencari alternatif selain sol karet. Bahkan, merek-merek besar seperti Nike dan Converse sudah banyak mengeluarkan sepatu yang terbuat dari bahan daur ulang.

9. Styrofoam

Styrofoam juga tidak dapat terurai, meskipun memiliki tekstur dan dapat dipatahkan, styrofoam juga termasuk dalam jenis plastik.

10. Pakaian & kain berbahan nylon

Jika Anda memiliki pakaian bekas atau kain nilon yang sudah tidak digunakan lagi, sebaiknya jangan dibuang. Karena pakaian Anda akan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terurai. Sebaiknya Anda menjualnya kembali atau memberikannya kepada lebih banyak orang yang membutuhkannya, atau Anda bisa mengolahnya kembali menjadi kerajinan tangan.

Semua hal di atas pasti sudah sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Jadi, sudahkah Anda melakukan yang terbaik untuk mengelola sampah? Selain itu, limbah cair rumah tangga yang dihasilkan oleh deterjen yang tidak ramah lingkungan juga dapat menurunkan kualitas air di lingkungan tersebut.

Demikian ulasan mengenai Limbah Berikut Yang Tidak Dapat Didaur Ulang Adalah, semoga kalian dapat lebih bijak dalam menggunakan barang-barang yang sekiranya tidak dapat didaur ulang kembali. see you 🙂

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Kuwut agar Cepat Besar dan Sehat

Previous article

Karangan Bunga Jambi

Next article

Freelancer Ini Sangat Menjaga Hubungan Baik dengan Klien