Khas Indonesia, Inilah Ragam Motif Batik Yang Populer

Siapa yang tidak kenal dengan kain batik? Kain yang berasal dari Indonesia ini ternyata begitu popular di kalangan masyarakat loh. Saat ini penggunaan batik memang sudah bisa digunakan oleh siapapun. Hal ini pun diakibatkan karena motif batik yang semakin beragam. Bahkan anak muda pun sudah menggunakan kain batik ini khususnya untuk mendatangi acara formal.

Kain batik yang ada sekarang ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang. Dimana awal perkembangan dari kain batik ini sendiri hanya bisa digunakan oleh para orang-orang bangsawan saja. Tetapi seiring dengan adanya perkembangan waktu, kain batik ini pun sudah bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat.

Motif kain batik yang popular

Sejak ditetapkan sebagai salah satu warisan kemanusiaan oleh UNESCO, popularitas dari kain batik ini pun semakin mengalami peningkatan yang cukup tajam. Batik sering digunakan sebagai pakaian untuk acara formal. Bukan hanya itu saja, kini kesan kuno dari kain batik sendiri seakan sudah hilang. Digantikan dengan motif batik yang lebih elegan dan berkelas.

Bukan hanya digunakan untuk pakaian saja, kain batik sendiri ternyata juga sudah banyak diterapkan untuk dekorasi rumah seperti pada sofa, karpet, furniture kayu dan masih banyak lagi. Berbicara mengenai batik, rasanya memang kurang apabila anda tidak mengetahui apa saja motif batik yang beredar di masyarakat. Langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Batik megamendung

Batik megamendung ini sendiri menjadi salah satu motif paling popular dimana ini berasal dari kawasan Cirebon. Motif batik yang satu ini memang cukup khas. Dimana anda seakan melihat adanya awan besar dengan warna yang cerah dan mencolok. Adapun beberapa pilihan warna yang sering digunakan untuk membuat batik megamendung ini adalah merah tua, biru, ungu hingga hijau tua.

Batik parang rusak

Masih ada motif batik yang popular di masyarakat yakni batik parang rusak. Motif batik yang satu ini sendiri juga sangat popular di kalangan para pecinta batik. Motif ini sendiri juga mempunyai arti terdalam. Yakni peperangan manusia yang melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup. Batik ini sendiri juga sangat sering digunakan sebagai kerajinan.

Batik tujuh rupa pekalongan

Pekalongan sendiri memang menjadi slah satu kota yang terkenal memiliki pengrajin batik bahkan menjadi pusat batik di Indonesia. berbagai macam motif batikpun dihasilkan oleh kota ini termasuk batik tujuh rupa yang menampilkan motif tumbuh-tumbuhan maupun hewan.

Batik keratin

Berikutnya ada batik keraton. Batik ini sendiri awalnya dibuat oleh para putri maupun pengrajin batik yang berada di lingkungan keraton. Motif batik ini sendiri memang menghadirkan kesan elegan sacral serta sarat akan filosofi.

Batik menjadi salah satu kain paling terkenal di Indonesia. motif batik ini pun ada beraneka ragam seperti yang diulas diatas. Jika anda memiliki acara formal, kain batik ini sendiri bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk anda.