Jenis Kayu Bangunan Yang Tahan Rayap

Info Jasa Arsitek Jakarta – Kayu adalah bahan penting dalam pengerjaan satu bangunan. Ada beberapa tipe kayu yang mempunyai karakter keras serta kuat. Untuk penyeleksian tipe kayu tentu saja harus lebih detil serta sesuai dengan keperluan. Perawatan dengan cara optimal perlu dilaksanakan agar jaga ketahanan kayu secara baik. Lebih dari beberapa gangguan serangga seperti kumbang penyengat, rayap bahkan tikus. Kumbang-kumbang penyengat condong cari beberapa tempat yang gelap sama dengan rangka atap rumah, bila memakai rangka atap kayu. Dalam tempat itu, mereka akan mengakibatkan kerusakan kayu dengan membuat lubang-lubang untuk tempat bersembunyi serta tinggal.

Sedang rayap adalah binatang yang benar-benar suka pada beberapa tempat gelap serta lembab. Lebih kayu yang berongga. Untuk tahu apa rayap telah datangi kayu Anda atau mungkin tidak, ada banyak sinyal yang bisa jadikan untuk referensi, yaitu :

Jalur rayap. Rayap tanah condong membuat satu tabung penampungan yang dibuat berbahan fundamen lumpur, kotoran serta puing-puing yang dipakai untuk jalur rayap ke arah sumber makanan mereka. Ukurannya seperti koin kecil yang dapat Anda dapatkan pada permukaan dinding exterior atau interior rumah.
Munculnya rayap terbang. Bila Anda temukan kedatangan rayap terbang atap laron disekitaran rumah Anda, karena itu bersiap akan gempuran rayap yang kemungkinan akan tiba. Sinyal lain yang bisa Anda dapatkan ialah seperti sisa-sisa sayap yang berjatuhan di lantai atau jendela rumah. meskipun tipe rayap ini bisa dengan cepat lenyap, tetapi Anda bisa memperhitungkan serta selekasnya memeriksa kondisi kayu di dalam rumah.
Kayu berongga serta tipis. Rayap benar-benar senang mengonsumsi kayu dari mulai sisi samping dalam sampai keluar, yang mengakibatkan susunan kayu tipis. Hingga saat Anda ketuk atau pencet kayu itu, karena itu Anda bisa merasai ruang kosong di kayu karena digerogoti oleh rayap-rayap itu.
Pintu susah dibuka. Karena rayap yang mengonsumsi kayu, karena itu kotoran dari rayap itu bisa membuat satu lingkungan protektif yang memiliki kandungan panas dan kelembapan udara. Hingga kayu lama kelamaan akan membengkak serta akan susah bila ingin dibuka atap di tutup.
Timbulnya terowongan kayu. Sinyal yang lain ialah timbulnya terowongan di kayu, yang kemungkinan dari permukaan luar akan susah untuk diidentifikasi.
Benar-benar sangat menjengkelkan bila rumah yang telah indah serta menarik di dirusak oleh panorama kayu-kayu yang digerogoti oleh rayap. Tetapi jangan cemas! Rupanya ada banyak tipe kayu yang tidak dikonsumsi rayap, lho! Di bawah ini ialah daftarnya :

Kayu Jati
Pohon jati memang populer untuk salah satunya tipe kayu yang anti rayap. Oleh karenanya, seringkali bila Anda temukan beberapa jenis mebel rumah yang memiliki bahan fundamen kayu jati. Ini dikarenakan oleh teksturnya yang kuat hingga tahan dari gempuran rayap. Sayangnya material kayu jati sangat mahal. Tidak pas buat Anda yang ingin langkah bangun rumah dengan dana minim. Karena itu banyak juga produsen yang membuahkan kayu pada harga yang tambah murah tanpa ada memakai kayu jati. Untuk mengatasi gempuran rayap, mereka merendam kayu itu terlebih dulu dengan obat anti rayap.

Kayu Merbau
Salah satunya kayu yang dipakai untuk pilihan dari kayu jati ialah kayu merbau. Tipe kayu ini mempunyai struktur yang cukup keras hingga akan mempersulit rayap yang masuk. Keunikan dari kayu ini ialah warnanya yang coklat kemerahan dan mempunyai struktur serat garis putus-putus.

Kayu Sengon
Kayu sengon adalah salah satunya kayu yang mempunyai waktu perkembangan paling cepat di dunia. Tingginya yang sampai sampai 7 mtr. ini sering digunakan untuk bahan fundamen perlengkapan seperti peti pengemas, papan lapis dan lain-lain.

Kayu Ulin
Kayu yang datang dari Kalimantan ini dibuat dari pohon ulin yang tingginya dapat sampai 35 mtr. dengan panjang tangkai seputar 5-20 m serta diameternya yang seputar 60-80 cm. Kayu ulin mempunyai struktur yang kasar serta benar-benar keras, hingga proses pemangkasan akan cukup susah dilaksanakan.