Ini Dia Tips Memilih Mimbar Masjid yang Terbaik

Mimbar adalah salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah masjid yang berfungsi sebagai tempat untuk berdirinya imam saat menyampaikan khutbah baik pada sholat Jum’at, sholat Idul Fitri dan Idul Adha. Jika kita lihat, maka bentuk mimbar pada umumnya memiliki desain yang hampir sama seperti ada menara dan di bagian atasnya berbentuk kubah atau pyramid. Walau tidak sedikit juga yang menambahkan hiasan atau seni tertentu yang bertujuan untuk menambah kesan artistik. Untuk penempatannya sendiri biasanya terletak ditepi mihrob dan kedudukannya menghadap kiblat.

Mengingat fungsinya sebagai tempat imam menyampaikan khutbah maka mau tidak mau pihak pengurus masjid haruslah memberikan yang terbaik. Selain itu, dengan mimbar yang cantik dan menarik akan membuat ruangan masjid menjadi lebih indah. Dan tentu saja, bisa membuat jamaah merasa lebih khusyuk lagi terutama saat mendengar kajian yang disampaikan.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana memilih Furniture Jepara mimbar masjid agar hasilnya memuaskan?

Memperhatikan Ukuran

Hal pertama yang wajib anda perhatikan adalah ukurannya. Jika ukuran mimbar lebih besar dari luas ukuran masjid. Maka ruangan masjid akan menjdai sempit. Sebaiknya anda harus pas dalam memilih ukurannya, agar sesuai dengan ruangan masjid.

Sebagai langkah utama dalam memilih mimbar masjid adalah memperhatikan ukuran. Ya, jika ukuran mimbar lebih besar sementara ukuran masjid kecil maka sudah pasti ruangan akan terlihat lebih sempit. Untuk itu, Anda harus benar benar memastikan ukuran yang tepat. Jika dirasa kurang memahami atau menghitungnya, maka menggunakan jasa yang professional adalah solusi yang tepat.

Memilih desain

Sekarang ini cukup banyak desain mimbar masjid yang bisa dijadikan sebagai acuan. Meski demikian, memfokuskan bentuk pada tujuan utamanya maka akan jauh lebih indah seperti penggunaan tulisan arab misalnya.

Memilih mutu

Dalam memilih mimbar masjid maka pilihlah produk yang awet dan tahan lama. Dimana biasanya, bahan yang digunakan adalah kayu jati yang meskipun harganya cukup mahal namun kualitasnya terjamin.

Nah, dengan beberapa tips diatas maka setidaknya Anda sudah mendapatkan gambaran tentang bagaimana memilih mimbar masjid yang baik dan berkualitas.