Gereja Unik Dari Berbagai Negara Di Dunia

Gereja adalah sebuah bangunan yang diperuntukkan sebagai tempat kegiatan ibadah bagi para pemeluk agama Kristen maupun Katolik. Secara umum, arsitektur bangunan gereja maupun katedral mempunyai bentuk seperti salib dan seringkali memiliki kubah dan menara. Sementara itu, gereja modern biasanya lebih bervariasi bentuk arsitekturnya, karena banyak diantaranya adalah bekas bangunan lain yang diubah menjadi gereja.

Di beberapa negara, terdapat banyak sekali gereja dengan arsitektur yang unik dan menarik yang bahkan menjadi landmark dari kota tersebut. Bangunan gereja unik tersebut tentunya juga menjadi objek wisata yang menarik banyak wisatawan untuk melihat dan mengunjunginya. Berbagai gereja tersebut memiliki keunikan terutama dalam hal bentuk arsitekturnya yang tidak biasa dibandingkan dengan gereja pada umumnya.

Berikut adalah beberapa gereja dengan desain bangunan yang unik sekaligus menakjubkan yang ada di berbagai negara di dunia:

Gereja Hallgrimur, Islandia

Gereja Hallgrimur atau Hallgrimskirkja dalam bahasa lokal adalah sebuah gereja Lutheran yang berada di kota Reykjavik, Islandia. Memiliki ketinggian sekitar 74,5 meter, gereja ini adalah gereja tertinggi di negara tersebut sekaligus salah satu bangunan tertinggi disana. Untuk membangun gereja ini, dibutuhkan waktu lebih dari 40 tahun dari tahun 1945 dan baru selesai di tahun 1986.

Las Lajas, Kolombia

Las Lajas adalah sebuah katedral yang dibangun di sebuah canyon yang berada di aliran sungai Guaitara, Kolombia. Las Lajas dibangun di tempat yang menurut kepercayaan penduduk lokal pernah menampakkan dirinya di area tersebut. Desain katedral bergaya gothik yang ada saat ini adalah hasil perombakan yang dilakukan dari tahun 1916 hingga tahun 1949.

Katedral Saint Basil, Rusia

Katedral Saint Basil adalah sebuah katedral yang dibangun oleh Tsar Ivan IV sebagai peringatan 100 tahun ditaklukannya Kekhanan Kazan. Berlokasi di jantung kota Moskow, katedral yang selesai dibangun pada tahun 1561 ini berada di sebelah kompleks Red Square. Menurut legenda, arsitek yang membuat desain katedral ini dibuat buta agar tidak bisa membangun bangunan yang lebih megah lagi.

Katedral Rio de Janeiro, Brazil

Katedral Rio de Janeiro merupakan sebuah katedral yang desainnya mirip terinspirasi oleh bentuk piramida di Mesir atau Mexico. Bangunan katedral ini memiliki diameter internal bangunannya mencapai 96 meter dengan ketinggian mencapai 75 meter. Katedral Rio de Janeiro yang selesai dibangun pada tahun 1974 ini mampu menampung hingga 20 ribu jemaat dalam satu waktu.

Gereja Borgund, Norwegia

Gereja Borgund merupakan sebuah gereja kayu dengan desain stave yang dahulu umum ditemui di Eropa Utara pada abad pertengahan. Bangunan gereja Borgund yang menggunakan kayu ini dibuat antara tahun 1180 hingga tahun 1250 dengan beberapa kali penambahan setelahnya. Desain dari bangunan gereja ini sangat kokoh dan tidak berubah selama lebih dari 750 tahun sejak pertama kali dibangun.

Kapel Thorncrown, Amerika Serikat

Kapel Thorncrown adalah sebuah kapel yang unik yang berada di Eureka Springs, Arkansas, Amerika Serikat. Struktur bangunan kapel ini memiliki banyak jendela dengan berbagai jenis kaca untuk memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam kapel. Konstruksi bangunan kapel yang dibuat pada tahun 1980 ini merupakan hasil karya arsitek E. Fay John.

Keenam geraja tersebut merupakan beberapa gereja indah dan menarik dengan bentuk bangunan yang sangat unik yang ada di dunia. Beberapa wisatawan bisa berkunjung kesana dengan menggunakan beragam paket wisata luar negeri yang banyak ditawarkan oleh berbagai agen wisata. Dengan menggunakan paket wisata tersebut, para calon wisatawan bisa lebih menikmati liburan dengan baik dan lebih terencana.