Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Masyarakat

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa manfaat yang sangat berguna untuk kehidupan manusia. Aktivitas yang sebelumnya dilakukan oleh manusia itu sendiri, sekarang bisa digantikan oleh mesin otomatis. Hal ini adalah bukti bahwa teknologi telah berkembang pesat saat ini. Tentu saja pertumbuhan teknologi ini mempunyai dampak untuk manusia yang notabene-nya adalah pemakai peradaban teknologi ini. Dampak itu bisa berupa positif maupun negatif.

Dalam artikel ini anda akan konsentrasi pada sebab yang diakibatkan oleh pertumbuhan teknologi dalam masyarakat.

Menurut keterangan dari Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi makna teknologi sebagai” borongan metode yang secara rasional mengarah dan mempunyai ciri efisiensi dalam setiap bidang pekerjaan manusia”. Pengertian teknologi secara umum merupakan:

1. proses yang menambah nilai tambah
2. produk yang dipakai dan didapatkan untuk mempermudah dan menambah kinerja
3. Struktur atau sistem di mana proses dan produk tersebut dikembangkan dan digunakan
4. Sedangkan dampak adalah sebuah akibat yang dimunculkan oleh sesuatu

Dampak positif dan akibat negatif dari pertumbuhan teknologi dilihat dari begitu banyak bidang:

1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Dengan berkembangnya Bidang Informasi dan Komunikasi, saya dan anda bisa lebih cepat menerima informasi terbaru di belahan bumi manapun dengan cepat dan akurat tanpa dihalangi oleh jarak dan waktu, namun hal ini juga bisa disalah artikan oleh pihak tertentu seperti pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.

2. Bidang Ekonomi dan Industri

Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang ekonomi dan Komunikasi, perkembangan ekonomi bertambah tinggi dan produktifitas dunia industry semakin bertambah pula. Persaingan dalam lingkungan kerja juga semakin tinggi, sehingga menuntut pekerja untuk selalu meningkatkan skill dan pengetahuan yang dimiliki. Tetapi hal ini juga bisa mengakibatkan masyarakat menjadi konsumtif, boros, dan mempunyai kecenderungan untuk menyenangi jalan pintas (instant) dalam melakukan banyak hal.

3. Bidang Sosial dan Budaya

Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang sosial dan budaya, kesetaraan gender antara perempuan dan lelaki mulai terwujud. Banyak ahli yang berasumsi bahwa sekarang semakin besar porsi perempuan yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Tetapi hal ini bisa juga menyebabkan kemerosotan moral dikalangan masyarakat, terutama di kalangan remaja dan pelajar yang telah mengakibatkan sebagian penduduk masyarakat menjadi “kaya dalam pelajaran tetapi kurang mampu dalam rohani”.

4. Bidang Pendidikan

Dengan berkembangnya teknologi dalam bidang edukasi dapat menolong masyarakat dalam menggali ilmu dan pendidikan. Dalam hal ini guru bukanlah lagi satu-satunya sumber ilmu dan pusat pendidikan. Metode-metode pembelajaran yang baru juga muncul dalam mempermudah siswa dalam belajar, namun hal ini juga bisa menyebabkan penyalahgunaan pengetahuan untuk orang-orang tertentu untuk mengerjakan tindak kriminal. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berjuang menerobos sistem perbankan dan lain-lain.

5. Bidang Politik

Timbulnya ruang belajar menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di area ini akan mendorong munculnya ruang belajar menengah baru. Kemampuan, serta gaya hidup mereka telah tidak banyak berbeda dengan ruang belajar menengah di negara-negera Barat. Bisa diramalkan, ruang belajar menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kemerdekaan politik dan kebebasan berasumsi yang lebih besar. Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang tentu pergantian generasi kepemimpinan ini akan dominan dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kemerdekaan dan persamaan semakin kental.

Kesimpulannya, kehidupan masyarakat ketika ini telah tidak bisa lagi dipisahkan dari pertumbuhan Teknologi Informasi. Hal ini dapat dominan baik maupun buruk untuk masyarakat itu sendiri. Jadi anda harus tetap bijak dalam menanggapinya supaya tidak terjadi penyalahgunaan pertumbuhan Teknologi ini.