Cerdaskan Anak Indonesia Dengan Buku Bagian 2

Menurut psikolog yang akrab disapa Bunda Romi ini, para orangtua tak perlu bingung lagi memilih buku untuk anak karena serial Mutiple Intelligence dari Morinaga telah memiliki tema yang sesuai untuk dapat mengasah multi talenta anak. Setiap buku secara khusus dirancang untuk memberikan stimulasi bagi setiap kecerdasan majemuk dan dihadirkan dengan cara mengasyikkan. Lagu anak-anak klasik Indonesia dikembangkan menyatu dengan konsep cerita secara dinamis dan kreatif.

Selain itu, walaupun penekanannya hanya pada satu atau 2 jenis kecerdasan, namun setiap buku dapat digunakan untuk menstimulasi beberapa jenis kecerdasan. Misalnya, saat mengenalkan huruf kepada anak (kecerdasan linguistik), sambil bernyanyi (kecerdasan musikal) dan menari (kecerdasan kinestetik). Ketika huruf diasosiasikan dengan nama hewan dan tumbuhan, maka kecerdasan natural pun turut terstimulasi, sehingga anak mudah mengingatnya.

Bunda Romi juga mengapresiasi pemilihan judul, penggunaan kata, penempatan gambar sekaligus bentuk buku yang diproduksi oleh Morinaga karena sesuai dengan usia perkembangan anak. Saat membaca bersama anak, saran Bunda Romi, Si Kecil harus ikut memegang buku sehingga bisa melihat berbagai gambar ilustrasi di dalamnya. Ini akan jauh lebih bermanfaat ketimbang hanya mendengarkan bundanya bercerita.

Pada saat memegang buku, umpamanya, indra peraba anak akan terstimulasi, ia juga belajar mengenal bentuk (buku). Mama dapat berkata, “Sayang, bentuk buku ini adalah persegi empat ya. Lihat, ujung-ujungnya ada empat. Yuk, kita hitung. Satu.. dua.. tiga… empat”. Lalu pada saat melihat gambar, jelaskan, “Ini gambar pohon. Lihat, ada buah apelnya. Wah, apelnya warnanya merah!” Intinya ketika membaca bersama, Bunda jangan hanya terpaku pada kalimat-kalimat cerita yang tertera di buku.

Tapi diperluas lagi dengan menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan buku tersebut sehingga wawasan anak bertambah Bunda Romi percaya, membaca bersama anak, adalah salah satu bentuk stimulasi yang dapat membantu tumbuh kembang anak Indonesia agar menjadi anak Generasi Platinum yang multi talenta.

Dari membaca anak dapat berlatih bahasa asing lainnya seperti bahasa Jerman. Agar anak lebih mahir dalam berbahasa Jerman, berikan ia pelatihan di tempat les belajar bahasa Jerman terbaik di Jakarta.