Cara Membersihkan Hotel Yang Tepat dan Efisien

Ada banyak tahapan dan cara membersihkan hotel. Karena hotel merupakan tempat istirahat yang dituntut kenyamanannya oleh pengunjung, setiap sudut perlu diperhatikan kebersihannya.

Kebersihan pada ruang istirahat adalah suatu hal yang mutlak. Hotel, sebagai tempat yang dipilih untuk sejenak melepas lelah pun demikian. Pembersihan hotel dimulai dari lobby, kamar, dapur, hingga ke restaurant. Semua dilakukan secara sempurna, demi menghadirkan kualitas pelayanan yang prima, agar pengunjung merasa nyaman dan betah.

 

baca juga artikel tentang jasa bersih rumah tangerang

Membersihkan Lobby Hotel

Lobby merupakan pusat titik temu, antara tamu, pengunjung, hingga karyawan hotel. Tak ayal, lobby menjadi tempat yang wajib dijaga kebersihannya dengan sempurna. Agar tampilan pertemuan antar ruang ini menjadi lebih cantik, tata ruang lobby selalu di racik secara apik. Karena lobby mewakili identitas hotel itu sendiri.

Cara membersihkan lobby hotel terbilang paling sederhana jika dibandingkan dengan bagian ruangan yang lain. Pertama, pastikan tak ada sampah dimeja dan sekitarkanya.

Membersihkan lobby bisa dilakukan secara manual, yaitu dengan menyapu dan membersihkan debu, dengan metode dusting. Mulai dari lantai, pintu, meja, kursi, kaca, hingga lukisan dan pajangan sekalipun.

kunjungi juga: jasa bersih rumah tangerang selatan

Membersihkan Kamar Hotel

Memasuki ruang yang lebih spesifik, ialah kamar hotel. Bisa dikatakan, ini adalah pakem utama. Dimana tak ada celah kelalaian sama sekali. Karena, kepuasan konsumen bertumpu pada kebersihan dan kenyamanan kamar.

Membersihkan kamar hotel diawali dengan pemisahan dan pembuangan sampah. Kemudian dilanjutkan dengan membereskan kasur dan penggantian sprei. Setelah bagian tempat tidur, meja dan kursi telah bersih, maka pembersihan lanjut ke area toilet atau kamar mandi.

Cara membersihkan kamar mandi adalah dengan menyikat lantai kamar mandi, closet, hingga mengelap kaca. Selain itu, juga memastikan adanya penggantian peralatan mandi dengan yang baru.

Membersihkan Restaurant Hotel

Setelah lobby, restaurant menjadi area penting di hotel. Selain harus menyajikan menu special dengan cita rasa yang enak, kebersihan restaurant juga tak kalah pentingnya. Untuk itu, cara membersihkan restaurant hotel pun harus sangat diperhatikan.

Pertama, pisahkan sampah organic dan anorganik, lalu buang pada tempat yang telah disiapkan. Kemudian, angkat dan singkirkan peralatan makan yang telah terpakai. Dilanjutkan dengan membersihkan meja, dengan lap dan cairan pembersih. Agar tak menyisakan aroma yang kurang menyenangkan. Jika sudah dipastikan bersih, maka meja dapat digunakan untuk tamu kembali.

Memang cara membersihkan hotel terbilang lebih rumit. Namun ini adalah pondasi untuk menjamin kenyamanan pengunjung. Ada beberapa poin penting yang wajib diperhatikan agar proses membersihkan area hotel menjadi lebih efisien dan tepat. Yaitu pisahkan bagian yang bersih dan kotor, buang sampah dan barang tak terpakai, kemudian bersihkan secara fokus dan teliti.