Cara membangun situs web pertama Anda

  1. Situs web Anda membutuhkan tempat tinggal

Komponen pertama yang benar-benar dibutuhkan situs web Anda adalah ruang web yang memungkinkan Anda menyimpan semua file, media, multimedia, dll. Yang disebut sebagai server. Semakin cepat server semakin cepat kecepatan loading situs web.

Pikirkan situs web Anda sebagai kumpulan file dalam jumlah besar. Ketika “host” di komputer Anda seperti semua file lainnya, hanya Anda yang bisa membukanya karena memanfaatkan ruang pada hard drive Anda. Tetapi, ketika Anda meng-host file-file itu di server web atau membeli ruang web, siapa pun dapat dapat terhubung ke server itu melalui internet.

Perusahaan hosting menawarkan ruang pada server ini, atau jika diperlukan mereka bahkan dapat menyediakan hosting Anda sendiri di server web khusus Anda, tetapi hanya setelah Anda membayarnya. Jika Anda tertarik untuk membeli paket hosting dari penyedia hosting khusus, yang biasanya ditawarkan oleh nama domain registrar dan mereka akan membiarkan Anda mengunggah file situs web Anda di dalamnya. Sekarang setelah Anda menghubungkan nama domain itu, siapa pun dapat dapat melihat situs web Anda.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat merencanakan untuk Web Hosting.

  • Keandalan Uptime
  • Pelayanan pelanggan
  • Faktor Kecepatan
  1. Pilih Nama Bisnis yang baik

Sebelum memulai mendesain situs web Anda sendiri, cobalah untuk mensurvei nama yang Anda ingin dikenal. Nama yang lebih terperinci dan menarik akan membantu Anda meraih lebih banyak dan lebih banyak orang. Nama situs web harus paralel dengan produk, layanan, atau informasi yang ditawarkan di situs web.

Sebaliknya, tidak perlu memiliki nama domain yang sempurna. Beberapa nama mungkin lebih baik daripada yang lain, tetapi pada akhirnya itu dianggap sebagai bagian yang sangat kecil dari bisnis Anda, tetapi yang paling penting adalah konten aktual yang tersedia di situs web Anda.

  1. Bangun dan Edit Situs Web Anda Menggunakan CMS

CMS (Content Management System) adalah platform yang sangat berharga di mana Anda akan dapat merancang dan menyesuaikan situs web Anda sendiri. Jika Anda benar-benar ingin mengubah perubahan ke halaman web Anda, Anda dapat dengan mudah mengedit setiap kali Anda ingin membuat perubahan ke situs web bisnis Anda. Ini adalah jumlah minimum rasa sakit yang harus ditanggung seseorang.

Platform CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal dll. Memungkinkan Anda mengedit situs web Anda menggunakan domain Anda sendiri. Anda dapat masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda sendiri untuk menyesuaikan tata letak, pengaturan serta konten, membuat posting dan halaman baru, sering menggunakan templat situs web yang mudah digunakan.

Dengan kata lain menggunakan platform CMS membuat membuat serta memperbarui informasi ke situs web Anda menjadi lebih mudah dan dengan demikian menghemat waktu Anda yang berharga.

  1. Buat merek sendiri dengan memilih desain LOGO yang bagus

Logo adalah salah satu cara utama yang akan membantu pemirsa dan pelanggan Anda untuk mengenali bisnis Anda. Jika Anda sudah memiliki bisnis sendiri sebelum meluncurkan situs web Anda, maka itu akan menjadi tugas yang mudah. Selain itu, Anda harus mencurahkan waktu Anda untuk merancang logo Anda sendiri untuk situs web Anda. Anda juga dapat mengambil bantuan dari berbagai situs web untuk membuat kreasi logo Anda lebih mudah.

  1. Pembaruan Berkelanjutan

Sebuah situs web akan tetap hidup hanya jika mendapat dosis pembaruan konten biasa. Untuk membuat situs web berkinerja lebih baik, perlu diperbarui secara berkala mulai dari harian, mingguan atau bahkan bulanan. Pembaruan serampangan atau tidak teratur akan menyebabkan masalah dan dapat menyebabkan peringkat yang lebih rendah di situs hasil mesin pencari. Anda harus menekankan untuk menambahkan konten panjang yang menarik, menambahkan media kaya seperti gambar, video, presentasi dll yang dapat membuat pengguna tetap menggunakan situs web untuk waktu yang lama.