Cara Kerja Mesin Topcon

Cara Kerja Mesin Topcon

Bagaimana cara kerja mesin Topcon? Menurut Bayu, ada dua cara kerja alat ini, yakni menggunakan 2 dimensi (2D-Laser) dan 3 dimensi (3D-GPS) serta sensor-sensor lain yang diperlukan. Yang 2D dimensi biasa digunakan untuk dozer dan motor grader. Beberapa perangkat yang difungsikan, antara lain, rotating laser, yang akan memberikan arahan pada alat berat, berapa elevasi atau slope yang diinginkan. Setelah data-data elevasi atau slope dimasukkan, rotating laser akan mengirimkan ke receiver. Laser receiver akan menerima sinyal dari laser transĀ­ mitter.Kemudian indikatornya akan menunjukkan blade harus naik atau turun untuk mencapai elevasi atau slope yang telah ditentukan.

Operator di dalam cabin akan melihat ke control box untuk mengetahui indikator naik atau turunnya blade, lalu mengatur nilai slope dan kontrol hidroliknya (auto system). Hidrolik akan mengikuti elevasi atau slope sesuai dengan desain yang dipandu dengan menggunakan laser. Tipe 2 dimensi ini jauh lebih sederhana, kata Bayu meyakinkan. Sementara yang lebih advanced adalah tipe 3 (3D-GPS) dimensi yang menggunakan GPS. Road File Design disimpan dalam format digital (CAD).

Control box akan mengontrol pergerakan hidrolik secara otomatis sesuai dengan file design CAD yang digunakan. Setelah itu, antena GPS akan menerima sinyal untuk mendapatkan posisi koordinat. Hidrolik akan mengikuti elevasi atau slope sesuai desain yang dipandu oleh GPS. Jadi, cara kerjanya benar-benar otomatis penuh. Perusahaan Indoreadymix selalu menggunakan alat ini dalam setiap pengerjaan proyek.

Mengoperasikan sistem otomasi alat berat ini tidak mengandalkan operator-operator yang sangat berpengalaman, karena cara menjalankannya sangat mudah. Kalau pun mereka belum berpengalaman, proses pelatihannya tidak memerlukan waktu lama. Menggunakan win solusi positioning serta machine control Topcon sesuai misi yang diinginkan Presiden Joko Widodo untuk mulai menggunakan teknologi yang tepat dalam menggarap proyek-proyek konstruksi. Kami percaya kehadiran solusi-solusi kami ini bisa membantu mempercepat proses pembangunan infrastruktur dengan menggunakan teknologi yang tepat guna.

Harus disadari faktor percepatan pembangunan tidak hanya dari segi ketersediaan alat berat, material yang mudah didapat, harga beton precast lantai yang bisa nego, memudahkan pekerja dalam menentukan sebuah titik juga berpengaruh terhadap percepatan pembangunan. Mesin Topcon inilah yang berguna sekali dalam membantu pekerja menentukan sebuah titik.

Bila anda masih menggunakan meteran biasa dalam menentukan titik, sebaiknya segera beralih menggunakan Topcon. Meteran yang digunakan kurang akurat dan merepotkan pekerja. Belum lagi bila dalam kondisi tertentu yang membuat pekerja tidak konsentrasi, bisa saja terjadi salah pencatatan. Guna menghindari hal tersebut terjadi, Topcon inilah bisa menjadi senjata andalan.