Bidik dulu Lalu Klik

Tertarik membuat fotografi­ anak menjadi sebuah karya seni? Maksudnya di sini hasil foto tersebut tidak terkesan biasa dan standar. Untuk mendapatkan foto semacam itu, diperlukan sedikit teknik. Yakni kita perlu melihat prinsip estetika; pencahayaan (lighting), sudut memotret (angle), peletakan komposisi, serta paduan warna. Namun yang terpenting dari teknik-teknik tersebut, saat memotret bayi, kita perlu mengedepankan hati. Memotret dengan hati akan membuat hasil foto lebih menyentuh.

Momen bayi yang sedang menangis, misalnya, saat kita abadikan dengan hati, akan memberi kesan tangisan yang mengundang gemas sehingga orang yang melihat ingin merengkuhnya, bukan tangisan karena tersiksa. Kala memotret bayi yang sedang tidur, timbulkan perasaan yang menggemaskan bukan perasaan seperti ada sesuatu yang mengkhawatirkan terjadi pada si bayi. Hal lain yang perlu diingat saat memotret adalah bayi bukanlah boneka yang bisa “ditempeli” berbagai aksesori.

Dandani sewajarnya saja sehingga kita bisa memunculkan karakter bayi yang lucu dan menggemaskan. Hanya saja tentu kita perlu memerhatikan kondisi bayi saat akan difoto; apakah sedang mengantuk, lapar, sakit, dan lain-lain. Hindari memotret bayi dalam kondisi tidak nyaman karena akan sulit mendapatkan pancaran matanya yang tajam, jernih dan fokus. Memang memotret keceriaan bayi tidak harus dengan wajah yang tersenyum atau tertawa, namun bisa dari pandangan mata dan gesture tubuh, seperti bayi tengkurap yang sedang mengangkat tubuhnya agak miring.

BUAT FOTO KESEHARIAN

Lalu momen apa saja yang bisa diabadikan? Segala hal. Misal, perkembangan bayi yang selalu berubah setiap bulannya atau momen keseharian bayi; dari bangun, mandi, sampai menjelang tidur kembali. Kedekatan kita dengan si kecil juga dapat diabadikan dalam posisi memeluk, umpamanya. Buatlah foto sebanyakbanyaknya sehingga kita menjadi terlatih. Semakin sering memotret, kita akan bisa menemukan sisi terbaik dari si kecil yang dapat mengundang apresiasi dari yang melihatnya.

Nah, sekarang ambil kamera dan siapkan diri untuk mengambil momen terbaik. Jika Mama Papa berniat untuk mengupload foto bayi di dunia maya, coba seleksi dulu. Terkadang tanpa disadari foto yang diupload, secara tidak disengaja, bisa melecehkan si kecil. Contoh, foto bayi tidur dalam keadaan telanjang. Foto tersebut bisa saja mengundang komentar negatif atau dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, untuk itu tetaplah lindungi keamanan anak.

Dan berikut adalah informasi lebih lainnya mengenai tempat kursus persiapan tes IELTS terpercaya di Jakarta.