Belajar Agama Islam Dari Dasar

Belajar apapun harus mulai dari dasar terlebih dahulu, karena ilmu itu bertahap dan bertingkat, begitu juga dengan belajar agama islam, harus dari dasar. Lalu apa sih pengertian dari belajar islam dari dasar?, Apakah maksudnya belajar bahasa arab, atau belajar baca Al’quran atau belajar apa?.

Maksud dari belajar islam dari dasar adalah, belajar dari hal-hal mendasar yang harus di ketahui oleh seorang muslim,apasaja contoh dasar agama islam?, Aqidah dan tauhid adalah hal paling mendasar yang harus di pelajari, selanjutnya taharah, shalat, puasa ramadhan, zakat dan semua kewajiban yang di kenakan kepada kita.

Belajar Aqidah Islam

belajar islam daridasar

gambar dari penaungu.com

Hal pertama yang harus di pelajari adalah aqidah, Aqidah islam itu mencakup, Tauhid, Iman kepada Malaikat, Iman kepada Kitab-kitab Allah, Iman kepada Para Rasull Allah, Iman kepada hari akhir dan iman kepada takdir. Mungkin dari kita akan ada yang berkata, “lah sayakan islam dari lahir, aqidah mah sudah khatam”, Apakah pernyataan tersebut bisa di benarkan?.

Kalau ada yang bilang seperti itu, ya kita percayai, karena kita hanya melihat dan menangkap sesuatu pada saudara kita hanya yang tampak jelas, walalupun Wallahu A’lam akan kebenarannya, tapi pointnya adalah, aqidah kita sebagai seorang muslim banyak yang tidak sadar ternyata sudah rusak.

Kok bisa menyimpulkan seperti itu?

Saya tidak menghakimi siapapun, tapi silahkan kita bertanya kepada diri sendiri, apakah meminta kepada orang yang sudah meninggalitu di benarkan dalam ajaran islam, apakah mempercayai dukun atau peramal bukan suatu masalah di saat ini.

Kembali kepada judul artikel ini, belajar islam dari dasar, dasar agama kita adalah aqidah yang lurus sesuai dengan AL’quran dan Sunah, coba kita pelajari sampai benar-benar paham apa itu tauhid, niscaya setelah paham dan mengerti dengan benar aqidah islam, amalan lain akan bisa kita ikuti dan diamalkan dengan mudah. Jangan pernah kita sudah merasa tahu akan ilmu islam, karena ilmu yang kita terima hanyalah sedikit.

lalu shalat, hukum shalat wajib, rukun dan syarat sah shalat harus di pelajari dan diamalkan, karena perintah shalat adalah perintah yang agung dari ALLAH Azza wa Jallaa kepada kita. Jika ilmu kita akan kewajiban shalat 5 waktu tidak benar, maka akan berdampak tidak di terimanya amalan shalat kita.

Dalam ilmu tentang shalat akan bercabang lagi mengenai berwudhu, aurat, bacaan AL’quran dan ini harus di pelajari dengan runut, itulah kenapa dalam agama kita setiap muslim wajib menuntut ilmu, karena kalau kita bodoh tentang hukum ALLAH maka akan celakalah kita, ingat ilmu yang di wajibkan oleh ALLAH adalah ilmu agama, bukan ilmu dunia.

Belajar Agama Islam Melalui Blog

Lalu pertanyaan untuk kita, kepada siapa kita belajar agama, apakah harus datang langsung ke ustadz atau bisa kita belajar melaluimedia online seperti blog atau video di youtube?.

Lebih afdhol dan utama adalah datang langsung kepada ustadz, karena dengan cara ini kita bisa langsung berinteraksi dan menanyakan perihal masalah agama kepadaustadz tersebut. Tapi kalau kita memang sibuk dan tidakada waktu untuk mendatangi ustadz dan pengajian, maka silahkan anda belajar melalui media online.

Insya ALLAH dengan berjalannya waktu kita akan paham dan sadar bahwa kewajiban kita adalah belajar agama, dan dengan sendirinya nanti kita akan menyempatkan waktu mendatangi kajian yang ada di lingkungan kita.

Website atau Blog Rekomendasi Untuk Belajar Agama Islam

Banyak sekali website yang isi kontennya adalah ilmu agama, dan apakah setiap wesite tersebut bisa di ambil ilmunya?, Secara umum konten agama dari suatu blog bisa di ambil ilmunya, dan point pentingnya adalah, apakah konten tersebut menampilkan referensi dalil dari Al’quran dan sunah?, kalau dalam kontennya blog tersebut menyertakan dalil maka boleh kita belajar.

Tapi untuk lebih pastinya kita belajar dari website yang sudah terpercaya,karena di kelola oleh ustadz yang berkompeten, maupun orang yang sedang belajar ilmu agama islam, beberapa rekomendasi website untuk belajar islam dasar adalah:

Firanda.com, rumasyho.com, almanhaj.or.id, penaungu.com, muslim.or.id, nu.or.id, konsultasisyariah.com, yufidz.com, islampos.com, muslimafiyah.com.

Website atau blog diatas di rekomendasikan karena isi dari website tersebut runut dan lengkap juga tidak lepas dari dalil Al’quran dan sunah. Ilmu yang ada di website tersebut lengkap dari dasar sampai tingkat lanjut, ada fiqih, kisah nabi muhammad, bahasan hadist dan masih banyak lagi.

Yang Harus diperhatikan

Kita belajar agama untuk di amalkan, jadi segera amalkan ilmu yang sudah kita pelajari agar nanti mudah untuk menyerap ilmu lainnya, belajarlah bertahap dan pelan pelan. Semoga kita di mudahkan untuk belajar agama islam dan dimudahkan untuk mengamalkannya.