Beberapa Virus Penyebab Meningitis

* Mumps virus, gejalanya: muntah, tidak enak badan, ada pembesaran kelenjar parotid (kelenjar air liur).

* Enterovirus, tumbul ruam makopapular (bintik-bintik dan benjolan merah pada kulit yang tidak gatal di berbagai bagian tubuh. Atau lesi vaskuler yang disebabkan pecahnya pembuluh darah kapiler pada palatum atau langit-langit mulut, ovula (jaringan kecil yang menggantung di langit-langit dekat kerongkongan, dan tonsil (amandel).

* Jika penyebabnya bakteri, selain beberapa gejala di atas muncul biasanya dapata disertai ruam yang khas.

Apakah yang akan dilakukan dokter

  • Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik sebelum memutuskan tindakan lebih lanjut. Selain pemerikaan fisik, akan ada pertanyaan tentang aktivitas sehari-hari anak juga riwayat kesehatan anak dan keluarga.
  • Untuk menegakkan diagnosis dibutuhkan pemeriksaan darah anak di laboratorium. Dari sinilah akan diketahui apakah meningitis disebabkan virus atau bakteri. Meningitis dengan penyebab virus umumnya akan lebih mudah disembuhkan selama penderita mendapat penanganan dini.
  • Dari hasil pemeriksaan laboratorium, jika kecurigaan terhadap meningitis menguat akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, seperti CT scan, pemeriksaan fungsi lumbal, atau pemeriksaan cairan selaput otak.
  • Terapi akan tergantung pada penyebab meningitis dan kondisi anak. Jika ditangani dengan tepat dan segera, meningitis karena virus umumnya membaik dalam 7-10 hari. Walaupun tidak seluruh periode itu harus dihabiskan dengan menginap di rumah sakit. Umumnya penanganan yang diberikan adalah suportif kecuali pada meningitis karena virus herpes simpleks dimana antivirus yang spesifik harus diberikan selama 3 minggu.

Jika penyebabnya bakteri seperti pneumokokus, meningococcus, haemophilus infl uenzae, listeria, dan lain-lain, antibiotik sesuai identifikasi kuman dan sensitivitasnya akan diperlukan. Secara umum, penanganan meningitis yang disebabkan bakteri lebih sulit dibandingkan yang disebabkan virus.

Siapa yang beresiko terserang penyakit meningitis

  • Yang perlu diketahui, meski orang dewasa bisa terserang meningitis, anak-anaklah yang paling rentan terkena, terutama bayi usia 1 tahun ke bawah. Hal ini terkait dengan daya tahan tubuh yang masih lemah sehingga bakteri atau virus lebih mudah menjangkiti. Persentase ancaman kematian akibat penanganan yang tidak tepat pun cukup tinggi, yakni 6—10%.

Tempat les pelatihan tes masuk universitas luar negeri bisa dijadikan referensi untuk orangtua yang menginginkan anaknya lolos tes masuk di universitas ternama.