Apa Itu Pemasaran? Lingkup Pemasaran

Apa itu Pemasaran?

Kata-kata pemasaran berasal dari Pasar. Pasar adalah tempat di mana pembeli dan penjual berkumpul dan bertukar produk dan layanan. Pemasaran adalah proses menentukan kebutuhan dan keinginan konsumen. Ini membantu pelanggan untuk menyediakan produk-produk yang mereka cari. Ini membantu perusahaan untuk mencari tahu pelanggan baru.

Definisi Pemasaran Menurut Candiff dan Still

Pemasaran adalah proses sosial dimana produk dicocokkan dengan pasar dan melalui mana konsumen dapat menggunakan atau menikmati produk. Itu membuat barang dan jasa lebih bermanfaat bagi masyarakat dengan menciptakan tempat, waktu dan utilitas milik.

Menurut William MPride dan OC Ferrel

Pemasaran adalah proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan memberi harga barang, layanan, dan gagasan untuk memfasilitasi hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis.

Lingkup Pemasaran

Sebagai penjual kita mesti tau lingkup pemasaran untuk memperluas jangkuan penjualan. Pulsa paypal menggunakan teknik ini untuk mengenalkan produk dan memperbanyak jumlah pembeli setiap harinya. Ditambah ada fitur multilevel marketing yang akan bisa membuat sebuah jaringan penjualan. Untuk itu silahkan simak lingkup pemasaran sebagai berikut!

Perencanaan produk

Perencanaan Produk juga merupakan bagian penting dari pemasaran. Pemasaran membantu perusahaan untuk merancang produk atau barang. Sesuai dengan persyaratan dan kebutuhan pelanggan. Harga mereka ditetapkan sesuai dengan harga pesaing. Ini adalah fungsi pemasaran yang paling penting.

Iklan

Ini adalah Era periklanan. Dianggap bahwa jika Anda tidak akan mengiklankan produk Anda. maka Anda tidak akan dapat menjual produk Anda di pasar. Dan Anda tidak bisa bertahan untuk waktu yang lama. Iklan dapat dilakukan melalui surat kabar, majalah, platform media sosial dan lain-lain. Pemasaran termasuk iklan.

Kebijakan Harga

Harga produk adalah hal yang paling penting bagi pelanggan. Perusahaan harus menentukan harga produk. tergantung pada kebutuhan atau persyaratan pelanggan. Harga produk tergantung pada kompetisi, produk, tujuan pemasaran, dll.

Distribusi

Saluran distribusi adalah hal yang paling penting. Untuk meningkatkan penjualan produk. Karena ketika perusahaan memiliki jumlah saluran distribusi yang baik. Kemudian Peluang memperoleh pelanggan baru meningkat.

Penjualan

Penjualan adalah penyediaan barang dan jasa kepada pelanggan secara langsung atau tidak langsung. Penjualan melibatkan berbagai kegiatan. Termasuk mendekati pelanggan baru, memberikan demonstrasi, melakukan penjualan dengan diskon besar dan mendapatkan umpan balik. ini memainkan peran yang sangat penting dalam penjualan.

Pengemasan

Kemasan melindungi produk dari kerusakan. Pengemasan produk meningkatkan niat baik produk. itu menarik pelanggan baru untuk membeli produk. Jadi, kemasan yang menarik adalah yang disukai pelanggan modern.