Skip to content

Mengenal Beberapa Macam Alat Kesehatan Terkait Covid 19

Written by

Frobeek lala

Tahun ini merupakan tahun – tahun yang paling berkesan di seluruh dunia. Bagaimana tidak, seluruh penduduk dunia ini merasakan dampak yang terjadi. Wabah Covid-19 yang menelan banyak sekali korban jiwa terjadi di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali. Mari kita berdoa semoga Alloh Rabb Semesta Alam ini segera mengangkat Wabah ini dari bumi.

Terkait dengan hal itu, di seluruh dunia terutama badan kesehatan dunia WHO memberikan berbagai macam protokol untuk meminimalisir penularan virus ini. Mulai dari hindari kerumunan, menjaga jarak, dan juga menggunakan masker ketika keluar rumah. Terkait dengan hal ini, ada satu yang unik dan menarik. Ada beberapa alat – alat medis yang ternyata secara khusus terkait dengan protokol tersebut. Berikut diantaranya.

1. Masker

Sudah disebutkan sedikit diatas, masker pada dasarnya adalah alat yang digunakan untuk menutup mulut dan hidung. Fungsinya untuk melindungi diri dari paparan polusi asap, udara kotor dan yang sejenisnya yang dapat terserap masuk ke dalam hidung atau mulut. Dalam kondisi Pandemi seperti ini. Masker digunakan untuk menghalangi air liur (droplet) yang keluar ketika kita berbicara. Dan juga sekaligus melindungi cipratan droplet tersebut dari orang (lawan) bicara kita. Meskipun tidak 100% meniadakan penularan, namun dapat meminimalisir penularan.

2. Sabun Cuci Tangan (Hand Sanitizer)

Sebenarnya, tidak harus menggunakan alat tersebut. Hanya saja, alat ini dipandang praktis karena bisa kita bawa kemanapun dan bisa kita gunakan sesering mungkin. Fungsi alat ini adalah untuk membunuh mikro organisme (bakteri/virus) yang menempel pada tangan. Dengan penggunaan cairan atau gel pembersih ini diharapkan dapat mengurangi penularan virus Covid-19.

3. Ventilator ICU

Kita melopnat jauh dari alat – alat medis yang ringan ke alat medis yang berat. Pasalnya alat ini juga amat dibutuhkan khususnya dalam kondisi kritis. Pasien Covid-19 dengan gangguan pernapasan berat terkadang membutuhkan bantuan alat bantu nafas yang disebut Ventilator ICU. Alat ini sempat mengalami kelangkaan di awal – awal pandemi dan harganya pun mengalami lonjakan drastis. Secara umum alat ini digunakan untuk menggantikan seluruh atau sebagian fungsi ventilasi yang dikerjakan oleh organ paru. Hal ini bertujuan untuk meringankan kerja paru sehingga dalam proses penyembuhan semakin cepat.

Masih banyak sekali tentunya alat – alat medis yang digunakan dalam penanganan Covid-19. Tentunya tidak bisa kita sebutukan secara keseluruhan dalam artikel singkat ini. Sekian, semoga ulasan singkat ini dapat memberikan sedikit manfaat untuk kita semua. Selamat beraktifitas dan jangan lupakan protokol kesehatan.

Previous article

Banyumas dan Pabrik Tas Anak Terpercaya.

Next article

Paket Aqiqah Murah Bekasi