7 Onsen di Jepang Yang Banyak Dikunjungi Wisatawan

Ketika berkunjung dan berwisata ke negara Jepang, rasanya belum lengkap jika tidak menyempatkan waktu untuk berendam di onsen. Apa itu onsen? Onsen merupakan mata air panas yang terbentuk secara alami karena adanya aktivitas vulkanik di area tersebut. Sebagian besar sumber air panas tersebut kemudian dikelola menjadi tempat pemandian umum dan biasanya dilengkapi dengan penginapan.

Sebagai negara dengan jalur vulkanik yang aktif, negara ini memiliki banyak onsen yang tersebar di hampir seluruh Jepang. Ada lebih dari 2300 onsen yang tersebar di seluruh wilayah Jepang dengan berbagai tipe dan jenis fasilitas yang beragam. Kebanyakan dari onsen tersebut dilengkapi dengan fasilitas penginapan tradisional Jepang yang dikenal dengan istilah ryokan.

Berikut adalah 7 onsen di negara Jepang yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh wisatawan:

Onsen Kusatsu

Onsen Kusatsu merupakan onsen yang dianggap sebagai salah satu onsen terbaik di negara Jepang. Ada istilah yang terkenal tentang onsen ini yaitu “onsen ini dapat menyembuhkan segala penyakit kecuali mabuk cinta”. Onsen ini berada di distrik Kusatsu, Prefektur Gunma dan memiliki fasilitas lengkap seperti cafe dan penginapan serta toko oleh-oleh.

Onsen Hakone

Terletak sekitar 2 jam perjalanan kereta dari Tokyo, onsen ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Hakone. Lokasinya berada di kota Hakone yang termasuk dalam wilayah Prefektur Kanagawa dan terdapat banyak pilihan ryokan sebagai tempat menginap. Disini terdapat banyak ryokan mewah dengan fasilitas terbaik seperti Gora Hanaougi, Hakone Kowakudani, dan Yamanochaya.

Onsen Beppu

Beppu adalah sebuah kota yang berada di Prefektur Oita yang merupakan rumah bagi 8 onsen yang disebut neraka Beppu. Kedelapan onsen atau pemandian air panas tersebut masing-masing memiliki pemandian umum serta ryokan dengan berbagai fasilitasnya masing-masing. Selain pemandian air panas, wisatawan juga bisa menikmati mandi pasir dimana mereka ditutupi pasir yang dipanaskan secara alami.

Onsen Dogo

Dogo dikenal sebagai onsen tertua di Jepang yang telah digunakan sejak lebih dari 1200 tahun yang lalu. Berada di pulau Shikoku, onsen ini termasuk di dalam wilayah kota Matsuyama di Prefektur Ehime. Anime terkenal dari Studio Ghibli yang berjudul Spirited Away, menggunakan onsen ini sebagai inspirasi salah satu tempat di film mereka.

Onsen Fujikawaguchiko

Pemandian umum yang nyaman dengan pemandangan gunung Fuji yang indah menjadi daya tarik utama onsen ini. Terletak di kota Fujikawaguchiko yang merupakan wilayah Prefektur Yamanashi, onsen ini berada di area danau Kawaguchiko di kaki gunung Fuji. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah musim semi dengan pemandangan bunga bermekaran atau musim gugur dengan pemandangan daun berguguran.

Onsen Noboribetsu

Noboribetsu cukup terkenal dengan sebutan onsen terbaik yang ada di wilayah utara pulau Hokkaido, Jepang. Berlokasi di kota Noboribetsu di Prefektur Hokkaido, air panas disini mengandung berbagai mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan mineral yang terdapat di onsen ini adalah sulfur dan hidrogen sulfida dipercaya mampu melembutkan dan mencerahkan kulit.

Onsen Kinosaki

Kinosaki disebut-sebut sebagai salah satu onsen dengan sumber air panas terbaik yang ada di Jepang. Sungai dengan barisan pepohonan willow, ryokan kuno, dan permainan arcade klasik adalah sebuah definisi yang pas untuk onsen bergaya tradisional ini. Onsen Kinosaki berada di sebelah utara wilayah Prefektur Hyogo tepatnya di distrik Kinosaki, kota Toyooka.

Ketujuh onsen tersebut merupakan beberapa onsen terkenal yang cukup banyak dikunjungi wisatawan di Jepang. Para wisatawan dari Indonesia juga bisa dengan mudah mengunjungi beberapa onsen tersebut dengan menggunakan bantuan agen wisata. Banyak agen wisata di Indonesia yang menawarkan paket wisata Asia dengan Jepang sebagai salah satu negara tujuannya.